Barca dan Madrid, Klub Olahraga Paling Royal

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • DAYLIFE

VIVAbola - Tujuh klub sepakbola Eropa masuk ke dalam 10 klub olahraga dunia yang mengeluarkan bayaran tertinggi dari segi gaji pemain. Dua klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, berada di pucuk daftar yang dikeluarkan oleh Sport Intelligence untuk stasiun berita olahraga, ESPN.

Gagal di semifinal Liga Champions dan hampir pasti kehilangan gelar La Liga, membuat Barcelona terpuruk musim ini. Meski begitu, Azulgrana tetap menorehkan rekor tersendiri. Ya, Barca masih menjadi klub yang paling boros dalam masalah pembayaran gaji pemain.

Klub Katalonia itu harus merogoh kocek sebesar 164 juta (setara Rp1,9 triliun) per tahun untuk membayar para pemainnya. Sedangkan Madrid "hanya" menggelontorkan dana sebesar 147 juta ( setara Rp1,7 triliun).

Ini adalah tahun kedua Barca mengungguli Madrid dalam pembayaran gaji pemain. Klub Premier League pun memiliki peningkatan yang signifikan. Di posisi ketiga, Manchester City menyeruak setelah musim lalu hanya menduduki peringkat 10. Sedangkan Chelsea juga naik dua strip dari peringkat enam ke peringkat empat.

AC Milan (7), Bayern Munich (8) dan Inter Milan (7) melengkapi dominasi klub sepakbola dalam daftar 10 besar tersebut. Tercatat hanya tiga klub non-sepakbola yang masuk ke daftar top ten. Los Angeles Lakers (NBA) menduduki posisi kelima, New York Yankees (bisbol MLB) berada satu posisi di bawahnya. Kemudian ada Philadelphia Phillies (bisbol MLB) berada di peringkat sembilan.

Tiga raksasa Premier League, Manchester United, Arsenal, dan Liverpool juga tercatat dalam daftar tersebut. Mereka juga menunjukkan pembengkakan serius dari sisi pengeluaran gaji.
 
MU naik empat posisi ke urutan 11 dengan kenaikan delapan persen dari tahun lalu. Pengeluaran 'The Gunners' juga bertambah dengan menduduki posisi 16 setelah musim lalu berada di peringkat 22. Liverpool sendiri berada di peringkat 18 karena menghabiskan 98 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun per tahun

Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016