Prancis Telah Tunjukkan Solidaritas Tim

Laurent Blanc
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVAbola - Arsitek Timnas Prancis, Laurent Blanc membesarkan hati anak asuhnya usai tersingkir dari Kejuaraan Eropa 2012. Les Bleus harus mengakui ketangguhan Spanyol dua gol tanpa balas di babak perempat final yang berlangsung di Donbass Arena, Donestk.

Prancis vs Inggris; Sepakbola Pulang ke Rumah atau Deschamps Cetak Rekor?

Dua gol Xabi Alonso yang bersarang di gawang Hugo Lloris membuat Prancis tidak berdaya di hadapan sang juara bertahan. Atas kemenangan ini, Spanyol  mematahkan rapor merah saat bersua Prancis di Kejuaraan Eropa. Tim Ayam Jantan menorehkan dua kemenangan dan satu kali imbang.

Dari dua kemenangan tersebut, Prancis tampil sebagai juara (1984 menang 2-0 di final dan 2000 menang 2-1 di perempat final). Meski rapor pertemuan Prancis ternoda, Blanc tetap memuji kinerja pasukannya. Daya juang dan ketangguhan timnya untuk mengamankan satu tiket ke semifinal, menjadi nilai tambah buat sang pelatih.

"Sangat mungkin (mengalahkan Spanyol). Kami telah menyusun berbagai rencana, tetapi itu tidak bekerja. Hingga, kami menunjukkan solidaritas sebagai tim dan kami lebih banyak berlari untuk mengisi ruang kosong," ujar Blanc kepada Soccerway.

Blanc melihat, timnya memiliki segudang peluang untuk mencetak gol. Sial buat Prancis, ternyata Spanyol mampu mengonversikan peluang yang didapat untuk membuka keran gol. Alonso menjebol gawang Prancis di menit 19. "Saya hanya bisa meminta maaf, Spanyol mampu membuat gol dengan kesempatan pertama yang mereka dapat," sesal Blanc.

Pelatih yang pernah merumput untuk Manchester United dan Inter Milan itu memegang keyakinan, jika kedudukan imbang tanpa gol di babak pertama, Prancis memiliki kans besar memegang kendali permainan setelah jeda. "Saat kami kalah, tampaknya tidak mempunyai banyak hal. Mungkin ambisi atau masalah teknis," ujarnya.

"Pemain telah memberikan segalanya. Tetapi, kehilangan banyak hal bisa saja terjadi. Apa yang saya tahu sekarang, tim besar Eropa telah tiba di semifinal, tapi bukan kami," lirih Blanc. (art)

Timnas Inggris di Piala Dunia 2022

Timnas Prancis Cemas Bakal Dibikin Repot Pemain 'Bau Kencur' Inggris

Jelang laga, masing-masing kubu Timnas Prancis dan Inggris coba membaca kekuatan serta kelemahan.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2022