EURO 2012

Fans Rasis, Spanyol dan Rusia Terancam Denda

Mario Balotelli (kiri) berebut bola dengan Gerard Pique
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola – Asosiasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) kembali menindak tegas kasus rasisme yang terjadi di Piala Eropa 2012. Kali ini, UEFA akan menjatuhkan denda kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan Rusia (RFS).

RFEF terkena sanksi lantaran perilaku rasis suporter mereka saat Spanyol menghadapi Italia di babak penyisihan Grup C, pada 10 Juni 2012. Dengan kasus yang sama, RFS juga harus menanggung akibat ulah fans ketika Rusia melawan Republik Ceko di laga penyisihan Grup A, pada 8 Juni lalu.

“UEFA telah membuka proses disipliner terhadap RFEF atas perilaku dan nyanyian rasisme suporter saat pertandingan Grup A Piala Eropa 2012 melawan Italia di Gdansk, Minggu 10 Juni,” demikian bunyi pernyataan UEFA seperti dilansir Reuters, Rabu 27 Juni 2012.

“Proses disipliner juga berlaku bagi RFS atas perilaku dan nyanyian rasis suporter saat pertandingan Grup A Piala Eropa 2012 melawan Republik Ceko di Wroklaw, Jumat 8 Juni,” tambah keterangan tersebut. UEFA belum mengetuk palu terkait besaran denda yang akan dijatuhkan.

Meski peringatan sudah dilayangkan sebelum turnamen digelar, kasus rasisme nyatanya tetap merajalela. UEFA sudah menjatuhkan denda sebesar 30 ribu euro atau setara Rp353 juta kepada Federasi Sepakbola Kroasia, terkait banner bernada rasis yang dibentangkan suporter saat laga penyisihan Grup C melawan Spanyol di Gdansk, pada 18 Juni 2012.

Kroasia juga harus membayar denda lebih besar senilai 80 ribu euro. Sanksi tersebut berlaku lantaran nyanyian rasis suporter yang menyerang striker Italia, Mario Balotelli, saat laga penyisihan Grup C di Poznan, pada 14 Juni lalu.

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016