Timnas Ditantang "The Rising Sun" yang Ngotot Curi Kemenangan

Latihan Timnas Indonesia di Senayan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAbola - Indonesia akan melakoni laga ujicoba kontra Timor Leste, Rabu 14 November 2012 sore. Buat Tim Merah Putih, partai ini menjadi indikator kesiapan menghadapi Piala AFF 2012.

Meski hanya sekadar partai uji coba, tim asuhan Nilmaizar itu tidak boleh lengah. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan sepakbola Timor Leste terus bergeliat. Terbukti, Timor Leste sempat memetik kemenangan 3-1 saat jumpa Laos, 9 Oktober 2012 di babak Kualifikasi Piala AFF.

Timor Leste juga meraih kemenangan besar 5-1 saat jumpa Kamboja di pertandingan pertama Kualifikasi Piala AFF, 5 Oktober 2012.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Catatan bagus tim asuhan Emerson dos Santos itu perlu menjadi perhatian Tim Garuda. Menatap laga ini, asisten pelatih timnas, Fabio Oliviera menegaskan, tim berada dalam performa puncak.

Beragam masalah yang muncul selama persiapan seperti kasus hukum yang menimpa Diego Michiels dan kepergian kiper Syamsidar yang dipanggil Mitra Kukar, tidak memberikan dampak negatif bagi tim.

"Semua pemain dalam kondisi fit dan siap tempur. Masalah yang ada belakangan ini sama sekali tidak mengganggu konsentrasi pemain," tegas Fabio pada jumpa pers di PSSI, Selasa 12 November 2012.

Partai melawan Timor Leste akan menjadi ajang pemantapan untuk mengembangkan teknik dan gaya bermain. Fabio juga tidak akan mengubah pola permainan."Karena memang ujicoba ini untuk mengukur sejauh mana persiapan dan pola yang kami terapkan untuk menghadapi Piala AFF."

Sementara itu, penyerang Timnas, Samsul Arif  meminta dukungan penuh dari masyarakat. "Bagi kami, besok adalah titik awal menghadapi Piala AFF," kata dia.

Di lain pihak, meski Timor Leste Leste tidak lolos ke Piala AFF, pelatih Timor Leste, Emerson dos Santos tetap mempersiapkan tim secara serius. Dia tidak ragu menargetkan "The Rising Sun" - julukan Timor Leste- merebut kemenangan.

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

"Kami ingin meraih kemenangan. Tim ini sudah kami persiapkan selama dua minggu," ujarnya pada jumpa pers, Selasa 12 November 2012.

Permainan kolektif Indonesia dinilai bisa menjadi ancaman serius. Hal itu disampaikan kapten Timor Leste, Jose Fernando.

"Menurut saya tidak ada pengaruh dari mana pemain tersebut berasal, sepakbola adalah permainan tim dan teknik, juga strategi. Itu adalah salah satu penentu kemenangan dalam suatu pertandingan."

Perkiraan pemain
Indonesia (4-4-2)
: Endra, Handi, Wahyu, Nopendi, Novan, Okto, Vendry, Taufik, Elie, Irfan, Bambang

Timor Leste (3-5-2): Emerson Carlos, Raul Isaac, Wellinto, Diogo, Pinto, Ribeiro, Adelino, barbosa, Ramon, Leandro, Murilo (irb)

Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016