Rekor Barcelona dan Messi di Penghujung 2012

Striker Barcelona Lionel Messi
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino

VIVAbola – Barcelona menutup paruh musim 2012-13 sebagai pemuncak klasemen sementara La Liga. Sederet rekor pun turut mengiringi torehan Lionel Messi dan kawan-kawan di pengujung tahun ini.

Barcelona membukukan 16 kemenangan dari 17 pertandingan La Liga musim ini. Terakhir, Blaugrana mengalahkan Real Valladolid 3-1, Sabtu 22 Desember 2012 atau Minggu dini hari waktu Indonesia. Sedangkan satu hasil imbang 2-2 didapat saat menghadapi Real Madrid.

Tanpa terkalahkan di paruh musim, Barcelona kini mengantongi 49 poin dengan torehan 57 gol. Catatan tersebut merupakan yang terbaik sepanjang sejarah La Liga. Tim besutan Tito Vilanova ini meninggalkan dua pesaing terdekat, Atletico Madrid (40 poin) dan Real Madrid (33 poin).

“Kami mengakhiri tahun ini dengan sangat baik. Kami sangat bahagia dan bisa menikmati liburan rehat musim dingin. Tidak ada yang lebih membahagiakan selain rekor kami musim ini,” ujar asisten pelatih Barcelona, Jordi Roura seperti dilansir Soccerway.

Selain itu, Messi juga sukses melanjutkan rekor golnya. Satu gol ke gawang Valladolid menambah koleksi striker mungil itu menjadi 91 gol di sepanjang 2012. Tercatat 79 gol untuk Barcelona, di antaranya 59 gol di La Liga, 13 di Liga Champions, 5 di Copa del Rey, dan 2 di Piala Super Spanyol.

Sedangkan 12 gol sisanya dipersembahkan Messi untuk tim nasional Argentina. Sebelumnya, striker 25 tahun ini sukses mematahkan rekor gol Gerd Mueller yang bertahan selama 40 tahun. Striker legendaris Jerman dan Bayern Munich itu membukukan 85 gol dari 60 laga pada 1972 silam. (ibk)

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016