Van Persie Mulai Masuki "Musim Kering"?

Robin van Persie (tengah) saat MU vs Tottenham
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVAbola - Robin van Persie belum mencetak gol dalam lima laga terakhir bersama Manchester United. Menurutnya performa RvP, status topscorer yang sempat dipegangnya pun beralih menjadi milik Luis Suarez.

Pada laga melawan Real Madrid tengah pekan lalu, Van Persie kembali gagal mengoyak gawang Old Trafford. Ia tidak lagi bisa mencetak gol saat sedang dibutuhkan. Meski membuat peluang, upayanya nampak mudah dibaca.

Pemain-pemain belakang lawan sudah bisa membaca pergerakan penyerangan Van Persie versi MU. Selain terlalu mengandalkan kaki kirinya, kondisi fisik RvP pun dianggap mulai terkuras. Kecepatannya banyak menurun.

Van Persie memang tidak biasa tampil penuh 38 laga Premier League per musim. Dia baru bisa bermain penuh selama satu musim untuk pertama kalinya musim lalu. Rata-rata, pemain 29 tahun itu hanya tampil 15,1 kali sebagai starter selama 10 musim (saat bersama Feyenoord dan Arsenal).

Tapi bukan berarti mesin gol Arsenal musim lalu itu tidak pernah mengalami masa buruk. Pada musim kemarin, Van Persie hanya mencetak satu gol dalam tujuh laga antara 21 Maret dan 21 April. Kebuntuannya baru pecah saat merobek gawang tim juru kunci, Wolves.

Anda juga tidak perlu bingung mengapa RvP gagal mencetak gol ke gawang Madrid. Nampaknya ada kutukan buatnya saat tampil di laga besar. Ia gagal mencetak gol di San Siro musim lalu, lalu mendapatkan kartu merah di Camp Nou satu tahun sebelumnya.

Di Timnas Belanda, Van Persie juga mandul. Mencetak satu gol dalam tujuh laga di Piala Dunia 2010. Meski sampai final, sosok utama Der Oranje saat itu adalah Wesley Sneijder, bukan RvP.

Mulai tumpulnya penyumbang 19 gol untuk MU itu tentu membingungkan Sir Alex Ferguson. Stok penyerang miliknya cukup mengkhawatirkan. Selain Wayne Rooney, Fergie punya Danny Welbeck yang baru mencetak satu gol di Premier League sejauh ini. Sedangkan Chicharito masih berkutat dengan status "Super-Sub".

Dengan keunggulan 12 poin di Premier League, posisi MU memang masih aman dari kejaran Manchester City. Tapi krisis ini harus segera diatasi jika ingin terus menjaga misi merebut gelar double-winners dari ajang Piala FA.

Rentetan Laga Buruk Van Persie:

Man Utd 2-1 Southampton (30 Januari/tidak ada gol)
Fulham 0-1 Man Utd (2 Februari/tidak ada gol)
Man Utd 2-0 Everton (10 Februari/1 Gol)
Real Madrid 1-1 Man Utd (13 Februari/tidak ada gol)
Man Utd 2-1 Reading (18 Februari/tidak ada gol)
QPR 0-2 Man Utd (23 Februari/tidak ada gol)
Man Utd 4-0 Norwich (2 Maret/tidak ada gol)
Man Utd 1-2 Real Madrid (5 Maret/tidak ada gol) (eh)

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas
Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016