Hadapi Arab Saudi, RD Ingin Timnas Bermental Baja

Rahmad Darmawan dan Jacksen F Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Pelatih timnas, Rahmad Darmawan meminta pasukannya tampil dengan mental baja saat bertemu Arab Saudi, Sabtu, 23 Maret 2013. Pelatih yang akrab disapa RD itu tak ingin nyali Firman Utina dan kawan-kawan ciut saat bertemu tim sekaliber The Green Falcons.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Timnas akan berhadapan dengan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta. Ini merupakan penampilan kedua timnas di babak penyisihan Grup C Pra Piala Asia (PPA) 2015. Saat ini, Indonesia masih di dasar klasemen usai kalah 0-1 dari Irak.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Meski tampil di depan publik sendiri, perjuangan tim Merah Putih saat menghadapi Arab Saudi dipastikan tidak akan mudah. Pasalnya, dalam sepanjang sejarah pertemuan kedua tim, Indonesia sama sekali belum pernah memetik kemenangan atas The Green Falcons. Hasil terbaik yang mampu diraih Garuda adalah tiga kali bermain imbang.


RD tak ingin pasukannya terbebani dengan nama besar Arab Saudi. Sebaliknya, RD berusaha meyakinkan pasukannya agar percaya diri.


"Yang pasti saya selalu menekankan kepada seluruh pemain bahwa yang harus mereka tekankan adalah motivasi untuk menang. Soal hasil, itu belakangan. Karena, kalau belum apa-apa sudah merasa kalah, itu bukan sesuatu yang baik," kata RD, Rabu 20 Maret 2013.


Mengenai strategi, RD ingin timnya bermain disiplin dan tak memberi Arab Saudi kesempatan mengembangkan permainan. "Kami harus main rapat. Tidak boleh memberi banyak space di lini tengah," ujarnya.


Meski demikian, RD tak ingin buru-buru dalam menentukan strater dalam laga nanti. Ia mengaku akan membahasnya dengan tandemnya, Jacksen F Tiago. "Yang pasti kita akan memilih pemain yang sesuai dengan strategi dan karakter yang akan dimainkan di Sabtu nanti," beber RD.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya