Stadion Termegah Brasil Terancam Ditutup

Stadion Maracana
Sumber :
  • news.bbc.co.uk
VIVAbola
Penentu Jerman Juara Piala Dunia Lelang Sepatunya
- Kabar buruk mendatangi stadion Maracana. Salah satu stadion terbesar di dunia itu bisa saja ditutup usai menggelar partai final Piala Dunia 2014 mendatang.

Presiden FIFA Sebut Messi Tak Pantas Raih Bola Emas

Menurut laporan Komite Olimpiade Internasional, yang dilansir
Presenter Wanita Ramai-ramai Baca Berita Piala Dunia Tanpa Busana
Globo Esporte , stadion paling ternama di Brasil itu tidak memenuhi syarat untuk menjadi salah satu venues di Olimpiade 2016, di mana Rio De Janiero yang akan jadi tuan rumah.


Laporan tersebut mengungkapkan bahwa masih ada 39 poin kekurangan dari stadion yang dibangun dengan dana Rp4,9 triliun tersebut. Salah satu yang jadi poin terbesar adalah berat atap.


Saat ini atap Maracana hanya bisa menahan 81 ton, kurang hampir 40 ton untuk memenuhi persyaratan. Selain itu, rencana pembangunan tempat parkir dan pusat perbelanjaan dinilai tidak perlu oleh pihak IOC.


Stadion ikonik itu dibuka jelang Piala Dunia 1950. Tapi menjalani pemugaran sejak tahun lalu untuk persiapan jelang Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia 2014.


Sebelumnya, Maracana sempat menjadi stadion terbesar di dunia. Pihak Brasil sempat mengklaim Maracana sanggup diisi oleh 200.000 suporter, mengalahkan Hampden Park di Skotlandia. Bahkan pada 16 Juli 1950, sekitar 199.854 suporter menyaksikan laga Brasil kontra Uruguay di Stadion Maracana.


Namun, setelah runtuhnya lantai atas stadion pada 19 Juli 1992, yang menyebabkan tiga suporter tewas dan 50 lebih mengalami cedera, kapasitas pun langsung dikurangi secara drastis. Usai menjalani tiga kali renovasi, kapasitas Maracana saat ini 82.238 tempat duduk. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya