Deretan Aksi Kontroversial Luis Suarez

Luis Suarez (merah) saat tampak mengigit Branislav Ivanovic
Sumber :
  • SkySport
VIVAbola -
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
Kehebatan Luis Suarez sebagai seorang striker papan atas tak perlu diragukan lagi. Sampai saat ini penyerang Liverpool ini masih kokoh di daftar puncak top scorer Premier League dengan 23 golnya.

Tak Ditempatkan Sesuai Posisi di Liverpool, Apa Kata Origi

Namun di luar itu, Suarez bukan tanpa cela. Kontroversi demi kontroversi begitu mewarnai karier pemain 26 tahun ini. Yang terbaru tentunya saat dia menggigit lengan bek Chelsea, Branislav Ivanovic, pada lanjutan Premier League di Anfield, Minggu 21 April 2013.
Klub Medioker Serie A Serius Dekati Balotelli


Pada babak kedua, striker Uruguay itu tertangkap kamera mengigit lengan Ivanovic usai perebutan bola. Insiden itu lepas dari penglihatan wasit dan Suarez pun berhasil mencetak gol penyeimbang di menit akhir laga. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

Bukan kali ini saja Suarez membuat aksi kontroversial. Berikut deretan kontroversi yang pernah dibuat Suarez:


1. Menggigit bahu gelandang PSV Eindhoven

Aksi gigit mengigit ternyata bukan kali pertama dilakukan Suarez. Dia pernah melakukannya saat membela Ajax Amsterdam pada 20 November 2010.


Saat itu, dia menggigit bahu pemain PSV Eindhoven, Otman Bakal. Akibat aksinya itu, harian De Telegraaf memberi julukan Suarez, "Cannibal of Ajax". Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) memberi sanksi Suarez 7 pertandingan terhadap aksi tersebut.


2. Jadi kiper dadakan di Piala Dunia 2010

Aksi nakal Suarez tak hanya dilakukan di level klub, namun juga timnas Uruguay. Kejadian ini berlangsung di babak perempat final Piala Dunia 2010, saat Uruguay menghadapi Ghana, 2 Juli 2010.


Setelah 90 menit berakhir 1-1, pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu. Di babak ini, Suarez menahan tendangan pemain Ghana, Stephan Appiah dengan tangannya. Suarez pun mendapat kartu merah akibat tindakannya tersebut.


Malang bagi Ghana. Tendakan 12 pas Asamoah Gyan menerpa mistar gawang, dan Suarez tampak merayakan kegagalan Ghana itu. Uruguay akhirnya melaju ke semifinal setelah menang 4-2 lewat adu penalti.


3. Berkata rasis pada Evra

Patrice Evra (biru) dengan Luis Suarez

Tindakan kontroversial Suarez berlanjut di Inggris saat membela Liverpool. Pada 15 Oktober 2011, Suarez berkata rasis pada bek Manchester United, Patrice Evra. Akibatnya, FA menjatuhi sanksi delapan kali larangan tampil dan denda sebesar 40 ribu poundsterling pada Suarez.


4. Jari tengah pada fans Fulham

Luis Suarez mengacungkan jari tengah ke fans Fulham

Kontroversi kembali dilakukan Suarez, 5 Desember 2011. Dia tertangkap kamera mengacungkan jari tengahnya kepada fans Fulham. Suarez merasa kesal karena selalu dicemooh pendukung Fulham sepanjang pertandingan. Akibatnya Suarez dijatuhi hukuman 1 kali larangan bertanding dan denda 20 ribu pounds.


5. Injak punggung bek Zenit St Petersburg

Suarez membuat ulah saat Liverpool melawan Zenit St Petersburg di babak 32 besar, Liga Europa, Kamis 21 Februari 2013.
Suarez injak punggung pemain Zenit


Pada menit 89, Suarez tertangkap kamera menginjak punggung bek Zenit, Tomas Hubocan. Ketika itu Hubocan yang berusaha menghalau bola jatuh di kotak penalti Liverpool dan Suarez masih berusaha mengejar bola dan menginjak punggung Hubocan.


6. Memukul bek Chile

Luis Suarez tertangkap kamera memukul bek timnas Chile

Aksi ini dilakukan Suarez saat membela Uruguay menghadapi Chile pada laga Pra Piala Dunia 2014 zona Conmebol, Selasa 26 Maret 2013. Suarez tertangkap kamera memukul bek Chile, Gonzalo Jara.


Insiden pemukulan itu terjadi pada menit ke-35. Ketika Uruguay mendapat sepak pojok, Jara berusaha menjaga Suarez di kotak penalti dengan memeluknya. Kesal dengan penjagaan Jara, Suarez kemudian memukul bagian wajah bek West Bromwich Albion tersebut. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya