6 Aksi Gigitan di Olahraga: Dari Tyson Hingga Suarez

Luis Suarez menggigit lengan Branislav Ivanovic
Sumber :
  • Daily Mirror
VIVAbola
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Striker Liverpool, Luis Surez melakukan aksi konyol saat timnya bermain imbang 2-2 melawan Chelsea dalam lanjutan Premier League, Minggu malam kemarin. Striker asal Uruguay itu menggigit lengan pemain lawan, Branislav Ivanovic.

Tak Ditempatkan Sesuai Posisi di Liverpool, Apa Kata Origi

Atas aksinya tersebut, Suarez terancam mendapat hukuman dari Asosiasi Sepakbola Inggris (FA). Meski terlihat memalukan, namun ini bukan aksi gigit-menggigit pertama dalam dunia olahraga. Dan tidak bisa dijamin aksi Suarez ini jadi yang terakhir.
Reaksi Sedih Petinju China, Setelah Mengira Menang


Berikut ini 6 atlet yang melakukan aksi gigit-menggigit dalam dunia olahraga:


1. Mike Tyson

Aksi gigitan yang paling terkenal dan heboh adalah yang dilakukan mantan juara dunia kelas berat, Mike Tyson. Hal itu dilakukan Tyson terhadap Evander Holyfield dalam pertarungan perebutan gelar pada 28 Juni 1997. Aksi gigit telinga ini pun berbuah sanksi dan denda 3 juta dollar.  


2. Tree Rollins

Sebelumnya, aksi gigitan lainnya dilakukan pemain tim basket Atlanta Hawks, Tree Rollins terhadap pemain Boston Celtics, Danny Ainge di ajang playoff NBA pada tahun 1983. Aksi Rollins menggigit jari Danny yang membuatnya dijuluki Tree Bites Man (Tree Manusia Penggigit).


3. Jermain Defoe

Pada Oktober 2006, striker Tottenham Hotspur, Jermain Defoe terlihat menggigit pemain West Ham United, Javier Mascherano di ajang Premier League. Meski mendapat kartu kuning dari wasit di laga ini, Defoe lolos dari sanksi tambahan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).


4. Fransisco Gallardo

Setiap pesepakbola kerap menampilkan selebrasi yang unik setelah timnya mencetak gol. Namun pemain Sevilla, Fransisco Gallardo melakukan aksi lebih ekstrim di tahun 2001 usai rekan setimnya, Jose Antonio Reyes mencetak gol.


Gallardo mendekati Reyes yang sedang berbaring sambil berpura-pura menggigit alat vital Reyes. Aksi tersebut membuat Gallardo mendapat sanksi dari Asosiasi Sepakbola Spanyol karena dianggap melakukan perbuatan tidak sopan di atas lapangan hijau.


5. Alex Burrows

Aksi mengigit lawan juga pernah terjadi di olahraga hoki. Pemain Vancouver Canucks, Alex Burrows menggigit lawannya pemain Boston Bruins, Patrice Bergeron di final Piala Stanley NHL pada tahun 2011 lalu.


6.  Luis Suarez

Yang terakhir tentu saja aksi gigitan Suarez akhir pekan lalu. Ini bukan kasus gigitan yang pertama kali dilakukan Suarez. Sebelumnya, dia juga pernah mendapat sanksi saat menggigit bahu gelandang PSV, Otman Bakkal pada 2010 silam kala berkostum Ajax Amsterdam. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya