Kisruh Kamar Ganti Madrid dan Nasib Mourinho

Jose Mourinho
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola - Kamar ganti Real Madrid dilanda perpecahan. Beberapa pemain mulai menyatakan ketidaksukaannya secara terbuka kepada pelatih Jose Mourinho.

Sebenarnya ini bukan cerita baru. Beberapa waktu lalu, gonjang ganjing mengenai kisruh di skuad Los Blancos juga sudah sempat diberitakan di media. Namun, seiring waktu berjalan masalah tersebut dapat tertutupi.

Baru-baru ini problem serupa kembali terkuak. Awal mulanya adalah keputusan Jose Mourinho mencadangkan kiper utama sekaligus kapten tim, Iker Casillas.

Awalnya Mourinho punya alasan kuat untuk 'menyingkirkan' Casillas dari tim inti. Karena Santo Iker diketahui mengalami cedera pada awal Januari. The Only One lalu merekrut penjaga gawang Sevilla, Diego Lopez untuk dijadikan pelapis.

Tapi, rupanya setelah Casillas pulih, Mourinho tak kunjung memberikan kesempatan untuk masuk Starting XI lagi. Malah, usai kegagalan di Liga Champions, kalah 3-4 dari Borussia Dortmund di semifinal, pelatih asal Portugal itu kembali melepar 'bara panas' dengan membuat pernyataan kontroversial.

Mourinho mengaku telah menyesali keputusannya tidak sejak awal memboyong Lopez ke Madrid. "Apa yang akan saya lakukan jika punya kesempatan mengubah sesuatu dalam tiga tahun terakhir? Saya seharusnya membawa langsung Lopez pada tahun pertama di Madrid," kata Mourinho.

Kontan pernyataan Mourinho menyulut reaksi keras dari berbagai pihak. Pada pertandingan akhir pekan kemarin melawan Real Valladolid, Mourinho disambut sinis oleh fans yang memenuhi stadion Santiago Bernabeu.

Tak hanya itu, mantan entrenador FC Porto tersebut juga dikritik oleh pemain asuhannya sendiri, Pepe. "Pernyataan pelatih benar-benar tidak tepat," kata bek Seleccao das Quinas itu.

"Casillas adalah pemain penting, baik di klub maupun di timnas Spanyol. Dia harus tahu kami semua dan fans berada di belakangnya," tegas Pepe.

Aitor Karanka selaku asisten Mourinho coba menetralisir situasi. Dia menjawab kritik dari Pepe dan menjabarkan maksud sebenarnya dari pernyataan Mourinho mengenai perekrutan Lopez.

"Kami di sini selalu menghormati satu sama lain. Menurut saya, Mourinho membuat kesalahan jika dia memaksakan seorang pemain yang tidak dalam kondisi fit (Casillas) untuk tetap tampil. Itu jelas melukai 25 pemain lain," kata Karanka.

"Mengenai pernyataan tentang Lopez? Yang membuat Mourinho menyesal sebenarnya adalah fakta bahwa dia sudah lama meminta kedatangan kiper Sevilla itu, namun klub selalu menunda-nunda," ujarnya lagi.

Casillas enggan menanggapi lebih jauh pernyataan Mourinho. Dalam sebuah kesempatan dia pernah mengakui jika hubungannya dengan sang pelatih memang kurang harmonis. Namun sebagai profesional, dia terus berusaha untuk menghormati segala keputusan yang diambil pelatih.

"Tidak seharusnya saya menjadi pelapis, tapi di atas itu saya merupakan bagian dari sebuah tim. Mourinho tidak berbicara apapun pekan ini, tapi kami mematuhi semua keputusan yang diambilnya," ungkap Casillas.

Kembali ke Chelsea?

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Berita kepulangan Mourinho ke Chelsea menjadi cerita lain yang membuat situasi di skuad Madrid semakin tidak kondusif. Uniknya, pelatih 50 tahun itu seperti sedang 'bermain-main' di tengah kebingungan publik mengenai masa depannya.

Betapa tidak? Pada tengah pekan kemarin, usai Madrid disingkirkan Dortmund dari Liga Champions, Mourinho mengatakan kemungkinan tidak akan melatih Madrid lagi di musim mendatang.

Tapi, beberapa hari berselang, dalam konferensi pers jelang duel dengan Valladolid, Mourinho mengungkapkan kalau masih terbuka peluang bagi dirinya untuk bertahan. Dia juga meminta pihak-pihak terkait tidak memusingkan rumor kepindahannya itu.

"Tak ada yang penting dengan membicarakan apakah saya akan pergi atau tidak. Jika saya memutuskan pergi, saya tidak akan memberikan penjelasan-penjelasan," kata Mourinho.

"Saya bekerja dengan sangat profesional. Saya masih punya kebanggaan yang sama dan sangat terhormat bekerja untuk klub ini," sambungnya.

Lepas dari pernyataan terakhir Mourinho mengenai masa depannya, media-media di Inggris maupun Spanyol meyakini bahwa pelatih yang membawa Inter Milan meraih treble winners pada 2010 tersebut sudah hampir pasti kembali ke Stamford Bridge.

Bahkan, di antaranya ada yang mengklaim Mou bakalan resmi diumumkan menjadi pelatih baru The Blues menggantikan Rafael Benitez pada 1 Juli mendatang. Benarkah? Cuma Tuhan dan Mourinho sendiri yang tahu kepastiannya. (one)

BACA JUGA:

Scholes Ramal MU Paceklik Trofi 2 Tahun

Pemain di Amerika Pukul Wasit Hingga Tewas

Ada Tendangan "Mortal Kombat" di Lapangan Hijau

Januzaj Kesal dengan Perlakuan Mourinho

Kemenangan Kontroversial Chelsea Atas MU

5 Fakta Penting Usai Chelsea Kalahkan MU

Ferguson Kecam Diving David Luiz

Balotelli Kangen Makanan di Inggris

Digosipkan Selingkuh, Ronaldo Mesra dengan Pacar

Dalam 30 Menit, Messi Hancurkan Real Betis

Data & Fakta Menarik Usai Juventus Kembali Scudetto

Apa Kunci Juventus Kembali Scudetto?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya