Van Gaal Bakal Tinggalkan Tim Oranye Usai Piala Dunia 2014

louis van Gaal
Sumber :
  • REUTERS/Paul Vreeker/United Photos

VIVAbola - Louis van Gaal akan meninggalkan timnas Belanda setelah Piala Dunia yang akan digelar di Brasil, 2014 mendatang. Pelatih berusia 61 tahun tersebut mengaku lebih tertarik menangani klub dibanding tim nasional.

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

Van Gaal pertama kali menangani timnas Belanda setelah kepergian pelatih Frank Rijkaard 2000 lalu. Namun dia memutuskan untuk mengundurkan diri setelah gagal membawa tim Belanda tampil di Piala Dunia 2002.

Sepuluh tahun kemudian, Van Gaal kembali diminta menangani tim Oranye. Pelatih asal Belanda itu tampil menggantikan posisi Bert van Marwijk yang gagal membawa Belanda lolos dari penyisihan grup EURO 2012.

"Saya mengambil alih posisi pelatih timnas dengan ambisi melaju ke Piala Dunia dan Piala Eropa. Saya belum pernah melakukan ini sebelumnya dan saya akan melakukan segalanya guna memastikan hal itu tercapai. Setelah itu saya akan pergi," kata Van Gaal dalam jumpa pers di Hoenderlo, di mana tim Oranye menjalani persiapan sebelum beruji coba melawan Indonesia dan Cina.

Seperti diketahui, timnas Belanda akan berhadapan dengan Indonesia di SUGBK, 7 Juni 2013. Dalam laga ini, Van Gaal memboyong pemain-pemain terbaiknya, termasuk 10 pemain yang baru merasakan gelar juara bersama klubnya. Empat hari kemudian, Belanda akan bertemu tim nasional Cina.

"Saya selalu harus meminjam pemain yang ditangani pelatih lain, dan saya tidak suka itu," kata Van Gaal. "Pada akhirnya nanti, apa yang saya mau adalah bersama pemain-pemain saya setiap hari dan bekerja bersama mereka di lapangan," sambung mantan pelatih Ajax tersebut.

Van Gaal memang cukup bersinar saat menangani klub. Pada era 1990-an, Van Gaal sukses meraih gelar Eredivisie tiga musim berturut-turut. Pada tahun 1992 dia juga sukses membawa Ajax merebut gelar Piala UEFA sebelum meraih trofi Liga Champions tiga tahun kemudian.

Prestasi yang tak kalah mentereng juga diraihnya saat menangani tim Barcelona dan tim AZ Alkmaar. Sebelum menangani timnas Belanda, Van Gaal juga sempat menghadirkan sederet prestasi bagi Bayern Munich. (adi)

Para pemain timnas Prancis merayakan gol

Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Sempat menyamakan skor, Belanda akhirnya kalah.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016