Usaha Brasil Kembalikan Pamor "Goyang Samba"

Neymar dan Oscar (kanan) di timnas Brasil
Sumber :
  • championsleague

VIVAbola - Laga boleh hanya persahabatan. Namun, kemenangan Brasil atas Prancis dengan skor mencolok 3-0 pada Minggu kemarin pantas disambut berlebihan para staf, pemain, pelatih hingga suporter Selecao. Kemenangan ini berhasil memupuk keyakinan skuad Selecao jelang Piala Konfederasi 2013.

Bintang Brasil, Neymar mengakui kemenangan atas Prancis ini pantas disambut suka cita. Menurut pemain yang baru saja bergabung dengan Barcelona ini, kemenangan di Gremio Arena itu berhasil memupuk keyakinan skuad Brasil jelang Piala Konfederasi yang akan digelar mulai 15 Juni 2013 mendatang.

"Kami senang dengan kemenangan ini. Kami semakin baik di setiap pertandingan. Kami harus menjaga ambisi untuk tetap berkembang dan kemenangan ini telah meningkatkan kepercayaan diri menghadapi Piala Konfederasi,” kata Neymar.

Kebahagiaan juga diperlihatkan bek sayap Brasil, Daniel Alves. Pemain Barcelona ini sangat yakin Brasil di bawah rezim Felipe Scolari akan kembali mereguk kesuksesan. Dan kebetulan, Scolari lah yang membawa Brasil menjadi kampiun di Piala Dunia untuk terakhir kalinya pada 2002 silam.

"Kami bekerja dengan kerendahan hati dan dedikasi. Percayalah , saya pernah mengatakan Scolari akan membuktikan kesuksesannya lagi. Kami sedang membangun sebuah kelompok besar dan telah melakukan hal yang benar. Kami hanya harus sabar dan tenang karena pada akhirnya akan dihargai,” beber Alves.

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Suka cita juga diperlihatkan para pendukung Brasil. Paling tidak kemenangan dari tim kuat macam Prancis ini kembali menumbuhkan keyakinan dalam benak mereka yang sempat meredup.

Batu Loncatan Piala Dunia 2014

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Tak dapat dipungkiri jika menjadi kampiun di Piala Dunia 2014 menjadi target utama Brasil. Terlebih dengan status tuan rumah yang disandangnya. Tak heran jika tekanan berat kini disandang Scolari.

Pelatih yang kembali ditunjuk menukangi Brasil sejak 28 November 2012 ini harus mengembalikan pamor goyang samba yang dalam satu dekade lebih ini telah meredup.

Sejak terakhir kali menjadi kampiun Piala Dunia 2002 yang saat itu dimotori Ronaldo Luis Nazario de Lima, Brasil tampak kesulitan menjadi yang terbaik. Sepakbola indah atau Jogo Bonito ala Goyang Samba mulai berhasil diredam negara-negara rival.

Dan kritikan datang semakin deras menjelang perhelatan Piala Dunia 2014 yang kebetulan Brasil didaulat sebagai tuan rumah. Target besar kembali menjadi kampiun di ajang Piala Dunia ini membuat kursi Scolari selalu panas. Sejak menjadi kampiun pada 2002, Brasil hanya mampu masuk babak perempat final di dua edisi setelahnya.

Dan Piala Konfederasi yang akan digelar juga di Brasil mulai 15 Juni mendatang tampaknya akan menjadi tolak ukur sebelum menuju perhelatan terakbar sejagat itu. Di turnamen antarjawara benua ini, Brasil akan tergabung di Grup A melawan Jepang, Meksiko dan Italia. Sedangkan di Grup B dihuni Spanyol, Uruguay, Tahiti dan Nigeria.

Brasil Diragukan Bakal Sukses di Piala Dunia

2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot

Yang membuat para pendukung Brasil was-was, catatan Scolari selama kembali menukangi Brasil tak begitu menggembirakan. Dalam tujuh pertandingan di bawah rezim Scolari, Brasil hanya berhasil mencatat dua kemenangan, empat hasil seri dan harus menelan dua kekalahan.

Dan sangat disayangkan, satu kemenangan lainnya yang dituai Brasil diperoleh dari tim sekelas Bolivia yang berhasil digulung 4-0. Scolari memulai pekerjaan dengan hasil buruk saat Brasil ditekuk Inggris 1-2. Selebihnya, Brasil bermain imbang dengan Italia, Rusia, Chile dan Inggris.

Keraguan bahwa Brasil akan kembali mereguk kesuksesan terasa semakin menyakitkan saat datang kritikan dari para legenda Brasil. Zico menjadi salah satu sosok yang meragukannya. Skuad Scolari kali ini dianggapnya tak mumpuni untuk melawan negara-negara kuat macam Spanyol, Inggris dan Argentina.

"Kelompok pemain-pemain yang kami miliki saat ini tampaknya tak akan memenangkan Piala Dunia, bahkan dengan dukungan penuh publik tuan rumah sekalipun," kata Zico dilansir Soccerway. "Masalah utamanya adalah kami hanya punya waktu satu tahun. Dan kami masih tidak tahu siapa yang akan masuk dalam first eleven."

Masih menurut Zico, para pemain yang dimiliki Scolari saat ini dianggap masih terlalu muda dan tak memiliki sosok berpengalaman. Bahkan, tumpuan Brasil saat ini, Neymar baru berusia 21 tahun dan tak pernah bermain di Piala Dunia. Yang lebih menyakitkan, Zico justru lebih menjagokan Argentina yang notabene merupakan rival abadi Brasil.

Tak hanya Zico, keraguan juga muncul dari legenda Brasil lainnya, Pele. Pemain yang telah mempersembahkan tiga Piala Dunia bagi Brasil ini tak berani menjagokan negaranya menjadi kampiun di Piala Dunia 2014 mendatang.

"Jika saya harus memilih sekarang [juara Piala Dunia], setahun sebelum Piala Dunia, saya pikir Jerman akan menjadi tim kejutan karena mereka memiliki tim dan pemain yang hebat, dan tentu saja Spanyol. Baru kemudian Brasil," kata Pele.

Secara peringkat, Brasil kini juga tampak mulai tercecer. Satu-satunya negara yang telah berhasil menjadi juara dunia di empat benua berbeda ini kini berada di posisi 22 dalam rangking FIFA. Sebuah posisi yang tentu dapat menggambarkan Brasil tak lagi menakutkan dibanding beberapa tahun silam.

Nah, gelombang keraguan ini akan coba dijawab Scolari dengan skuad mudanya. Namun, sebelum 'bermimpi' menjadi juara dunia, Neymar dan kawan-kawan harus membuktikan dulu di ajang Piala Konfederasi.

Mampukah Scolari mengangkat kembali pamor Brasil dengan goyang sambanya? Semua butuh bukti di atas lapangan.

Skuad Brasil di Piala Konfederasi 2013:

Jefferson, Daniel Alves, Thiago Silva (c), David Luiz, Fernando, Marcelo, Lucas, Hernanes, Fred, Neymar, Oscar, Julio Cesar, Dante, Filipe Luis, Jean, Rever, Luiz Gustavo, Paulinho, Hulk, Bernard, Jo, Diego Cavalieri, Jadson (one)

BACA JUGA:

Mourinho Balas "Serangan" Iniesta

Mourinho Ingin Sulap Torres Jadi Bomber "Ganas"

Jersey Khusus Sambut Kedatangan Mourinho

Puyol Umbar Foto Mesra dengan Model Pakaian Dalam

Jelang Nikah, Walcott Malah Dikelilingi Wanita Berbikini

Pijatan Mesra Tunangan Seksi, Lengkapi Liburan Boateng

Portugal Menang Tipis Atas Kroasia

Misteri Selebrasi Gol Ronaldo Saat Lawan Kroasia

VIDEO: Misteri Selebrasi Gol Ronaldo ke Gawang Kroasia

Fans MU Dilarang Cetak Nama Eric Cantona di Jersey Replika

Ribery, Pemain Terbaik Bundesliga

Suarez Ingin Duet Bareng Ronaldo di Madrid

Barca Ingin Curi Bek Muda Madrid

Bomber Dortmund Ngotot ke Bayern Munich

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya