Tekuk Irak, Jepang Juara Grup B

Pelatih Timnas Jepang, Alberto Zaccheroni (tengah)
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau
Brasil Kembali Gagal Menang di Olimpiade

VIVAbola – Jepang menutup Kualfikasi Piala Dunia 2014 zona Asia dengan hasil cemerlang. Samurai Biru—julukan Jepang—sukses menundukkan Irak dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan di Grand Hamad Stadium, Selasa 11 Juni 2013 waktu setempat.

Gol kemenangan Jepang dicetak Shinji Okazaki pada menit 89. Raihan tiga angka atas Irak membuat tim Negeri Matahari Terbit memantapkan posisi sebagai juara grup B mengemas 17 poin. Jepang sendiri telah memastikan diri melangkah ke Piala Dunia 2014 pada pekan lalu.

Duka Cita Presiden FIFA untuk Bom Bunuh Diri di Irak

Bagi pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni, kemenangan ini menjadi modal besar menatap Piala Konfederasi melawan Brasil, 16 Juni 2013.  Meski demikian, Jepang bukan tanpa rintangan saat menghadapi Irak. Kondisi cuaca membuat juara Piala Asia 2011 itu sempat mengalami kesulitan.

“Panas dan angin menyulitkan kami untuk bermain baik. Tapi saya akui, kami tidak bermain bagus. Saya pikir, kekuatan kami sekarang harus diperhitungkan,” ujar Zaccheroni sebagaimana dikutip Kantor Berita Kyodo.

Imbangi Jepang, Singapura Pede Hadapi Arsenal

Kekalahan atas Jepang membuat Irak harus mengubur mimpi tampil di Piala Dunia Brasil 2014. Irak menempati dasar klasemen hanya dengan mengemas 5 poin.

Korea Selatan buka jalan ke Brasil

Sementara itu, Korea Selatan memetik kemenangan 1-0 atas Uzbekistan. Gol bunuh diri Akmal Shorakhmedov pada menit 42 memastikan poin penuh buat Korsel. Poin penuh atas Uzbekistan membuka jalan Korsel ke Brasil.

Setelah melawan Uzbekistan, Korea Selatan akan melawan Iran. Hasil imbang dalam pertandingan di Ulsan Munsu Football Stadium, 18 Juni 2013 nanti sudah cukup bagi Korsel memastikan tiket ke Brasil.

Tim Negeri Ginseng saat ini mengemas 14 poin dari 7 partai. Korsel terpaut satu poin dari Iran yang menempati peringkat 2 dengan 13 poin.

Hasil pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia

Grup A

Korea Selatan 1 - 0 Uzbekistan

Iran 4 - 0 Lebanon

Grup B

Australia 4 - 0 Jordania

Iraq 0 - 1 Japan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya