Gol Spektakuler Jadi Pembuktian Neymar

Neymar (kuning) saat mencetak gol ke gawang Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVAbola -
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
Nama Neymar da Silva Santos Junior langsung jadi pembicaraan di pembukaan Piala Konfederasi 2013. Bagaimana tidak, striker anyar Barcelona itu berhasil membuka turnamen dengan gol spektakuler ke gawang Jepang.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Bertanding di Stadion Nacional, Minggu 16 Juni dinihari WIB, Neymar berhasil memukau 67.000 suporter tuan rumah lewat tendangan mautnya pada menit ketiga. Ia melepaskan tembakan akurat dari luar kotak penalti untuk menaklukkan kiper Jepang, Eiji Kawashima.
Brasil Vs Afsel, Ini Bintang yang Bakal Curi Perhatian


Gol ini diawali umpan Marcelo dari sisi kiri. Bola kemudian ditanduk Fred kepada Neymar. Tanpa pikir panjang, Neymar yang beroperasi di sisi kiri langsung melepas tembakan voli cantik yang membuat fans Brasil bersukacita.

"Diperlukan teknik tinggi untuk mencetak gol seperti itu. Gol Neymar sangat spesial," puji bek Jepang, Maya Yoshida, di situs resmi FIFA.


Dianggap Overrated Talent


Neymar


Gol ke gawang Jepang sekaligus jadi pembuktian kemampuan Neymar. Selama ini, pemain 21 tahun tersebut ini sering dinilai sebagai bakat yang terlalu dilebih-lebihkan. Pasalnya, kemampuan Neymar belum teruji.


Ia belum pernah main di Eropa. Meski sudah mencetak 136 gol di usia yang sangat muda bersama Santos, namun Neymar masih dianggap sebagai
overrated talent
. Media-media Brasil dinilai terlalu mengembar-gemborkan bakat Neymar.


Salah satu kritikan pedas pernah datang dari Joey Barton. Mantan pemain Newcastle United itu menilai Neymar hanya hebat di dunia maya.


"Neymar adalah Justin Bieber sepakbola. Bagus di Youtube, tapi mengecewakan di realita. Dia tidak berada di level yang sama dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo," sindir Barton.


Neymar juga sering dikritik karena dianggap suka melakukan
diving
. Hal ini diakui oleh legenda Brasil Pele. "Neymar bukan pemain dengan tubuh yang bisa menerima tekel dari lawan. Dia sering jatuh karena tak bisa melakukan apa-apa lagi ketika ditekel. Tapi, saya pikir dia sering berlebihan," kata Pele.


Neymar sendiri lebih banyak diam. Ia hanya berusaha membalas semua kritikan dan cacian lewat aksinya. Ia juga terus berusaha meningkatkan kemampuannya di lapangan.


"Saya berusaha sempurna dalam segala aspek. Saya ingin memiliki dribel, tembakan, sundulan dan kontrol yang lebih baik," bela Neymar.


Legenda Brasil lainnya, Ronaldo Luis Nazario de Lima, mengakui Neymar memang punya bakat. Akan tetapi, ia masih butuh waktu untuk berkembang menjadi pemain terbaik di planet ini layaknya Messi.


"Secara logika, Messi lebih baik. Tapi, Neymar memiliki talenta bagus dan dia akan menunjukkan kepada dunia bahwa dia bisa jadi pemain nomor satu," ramal Ronaldo.


Gol Neymar ke gawang Jepang adalah gol ke-21 dari 35 penampilan bersama Brasil. Namun, bagi Neymar, statistik gol tidaklah penting. "Secara keseluruhan, yang paling utama adalah bisa memberikan kontribusi bagi Selecao. Tidak peduli siapa yang mencetak gol."


Tantangan besar kini ada di depan Neymar. Menjadi juara Piala Konfederasi adalah harga mati bagi rakyat Brasil. Ia tentu ingin membuat masyarakat Negeri Samba bahagia dengan mengantar Selecao menjadi yang terbaik.


Jika berhasil, maka Neymar akan semakin membungkam segala kritikan yang ditujukan kepadanya. Ia juga akan memiliki start yang indah jelang debutnya di Barcelona dua bulan ke depan. Mampukah dia? Kita tunggu saja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya