Pelatih Italia Waspadai Kuartet Penyerang Brasil

Neymar
Sumber :
  • REUTERS/Ueslei Marcelino
VIVAbola -
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
Pelatih Italia, Cesare Prandelli, menaruh perhatian khusus kepada lini serang Brasil yang akan dihadapi timnya dalam lanjutan Piala Konfederasi, dini hari nanti. Prandelli menyebut pasukan Gli Azzurri akan melakoni laga sulit karena Brasil punya banyak penyerang berbakat.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Kuartet penyerang Tim Samba yang sangat diwaspadai Prandelli yakni Neymar, Hulk, Fred dan Jo. Kuartet ini tak perlu memikirkan pertahanan karena lini belakang Brasil yang dikomandoi Thiago Silva tak kebobolan dalam dua laga.
2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot


"Brasil punya empat penyerang luar biasa. Para penyerang itu berkarakter dan sangat kuat. Pertahanan Brasil juga sangat kuat," kata Prandelli dalam jumpa pers jelang laga terakhir Grup A di Arena Fonte Nova yang akan disiarkan langsung ANTV dan tvOne mulai pukul 02.00 WIB dini hari nanti.


Prandelli mengakui betapa sulitnya laga yang akan dijalani Italia kali ini. Apalagi, jika Brasil mampu menampilkan permainan terbaik seperti saat mengalahkan Jepang 3-0 dan Meksiko 2-0 di dua laga awal.


"Para penyerang itu akan sangat berbahaya dalam posisi
one on one.
Kuartet itu juga sangat pandai mengubah jalannya pertandingan," lanjut Prandelli.


"Saya hanya berharap para pemain Italia bisa bermain dengan hati. Kami takkan bertahan 90 menit. Kami harus menunjukkan keberanian seperti di laga sebelumnya. Kami telah menunjukkan itu di Jenewa, kami bisa menyulitkan Brasil (dalam laga uji coba)."


Brasil ditahan Italia 2-2 pada laga di Jenewa itu. Tim Samba menjadi favorit untuk menjuarai Grup A dan menghindari bersua Spanyol yang difavoritkan menjadi juara Grup B di semifinal.


Tanpa Pirlo


Meski Italia butuh kemenangan untuk menjadi juara grup, Prandelli mengaku tak memikirkan laga semifinal ataupun kemungkinan melawan Spanyol. "Fokus kami hanya untuk laga melawan Brasil. Kami tak memikirkan Spanyol dan juga tak pernah takut kepada mereka. Kami akan bicara soal Spanyol seusai laga ini."


Posisi Italia semakin sulit karena akan tampil tanpa playmaker Andrea Pirlo yang mengalami cedera otot akibat kelelahan. Kubu Italia memang sempat mengeluhkan cuaca panas dan kelembaban udara di Brasil.

 

"Cuaca dan iklim sangat menentukan," ujar Riccardo Montolivo yang kemungkinan akan menggantikan posisi Pirlo. "Faktor istirahat juga sangat penting. Karena itu akan mempengaruhi faktor teknis dan kualitas permainan."


Montolivo hanya tertawa ketika diberitahu bahwa dua pemain Italia yang datang di sesi jumpa pers selalu mencetak gol. Tapi, ia berharap itu terjadi lagi.


"Saya berharap bisa tampil pada laga ini. Kami akan tetap berjuang keras meski yang datang pada sesi jumpa pers akan menciptakan gol," tutur Montolivo.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya