Indahnya Empat Gol Neymar di Piala Konfederasi

Neymar
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVAbola -
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
Pesona Neymar bak memukau Piala Konfederasi 2013. Pemuda 22 tahun itu mencetak empat gol dengan kualitas bintang lima.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Sepanjang lima laga di turnamen Piala Konfederasi, Neymar sukses mencetak tiga gol di tiga laga pembuka. Setelah "puasa" di semifinal, ketajaman pemain anyar Barcelona itu kembali terlihat saat membukukan sebuah gol di partai final melawan Spanyol, Senin dini hari 1 Juli 2013.
Brasil Vs Afsel, Ini Bintang yang Bakal Curi Perhatian


Yang hebatnya, Neymar tidak bisa dibilang overated atau dicap dilebih-lebihkan oleh media. Keempat gol yang tercipta lewat kakinya benar-benar berkat kemahiran dan kecerdikan pemilik nomor 10 Selecao tersebut.


Berikut empat gol indah Neymar di Piala Konfederasi 2013:

1. Voli kaki kanan ke gawang Jepang

Neymar langsung menggebrak saat laga pembuka Piala Konfederasi baru berjalan tiga menit. Berawal dari umpan panjang Marcelo, Fred memberikan bola pada Neymar dengan pantulan bahunya.


Tanpa sentuhan, Neymar langsung melepaskan tendangan voli keras dengan kaki kanannya. Bola langsung menghujam pojok gawang dan meruntuhkan mental Jepang. Brasil sukses menang telak 3-0.


2. Voli kaki kiri ke gawang Meksiko

piala konfederasi brasil menang atas meksiko

Giliran gawang Meksiko yang menjadi korban Neymar di partai kedua Grup A. Sebenarnya proses terjadinya gol hampir mirip. Namun, tingkat kesulitannya kali ini lebih tinggi.


Sepakan salah satu pemain Brasil membentur pemain belakang Jepang, bola melambung tinggi. Neymar yang berdiri bebas langsung mencari posisi dan melepaskan tendangan voli, kali ini dengan kaki kirinya. Timing dan kekuatan kedua kakinya patut diacungi jempol.


3. Tendangan bebas ke gawang Italia

Neymar memang dikenal memiliki tendangan bebas maut. Hal itu sudah ia tunjukan selama membela Santos dan Brasil di ajang Olimpiade 2012. Tapi kali ini yang dihadapinya kiper veteran, Gianluigi Buffon.


Wasit memberikan hadiah tendangan bebas setelah Neymar dijatuhkan di ujung kotak penalti Italia. Mendapatkan sudut yang tepat, bintang Selecao itu dengan cerdik mengincar tiang jauh. Buffon, yang mengira bola akan dilengkungkan, akhirnya mati langkah.


4. Gol cerdik ke gawang Spanyol (final Piala Konfederasi)

piala konfederasi brasil menang atas spanyol

Gol pamungkas Neymar di Piala Konfederasi ini tidak kalah ciamiknya. Perpaduan antara kecerdikan dan kekuatan sepakan pemain lincah tersebut.


Setelah terus menerus merepotkan Alvaro Arbeloa, Neymar akhirnya mendapatkan ruang di kotak penalti Spanyol. Sempat berdiri hampir offside, ia dengan cerdik mundur ke agar sejajar dengan orang terakhir lawan.


Oscar yang melihat pergerakan tersebut langsung mengirimkan umpan sempurna. Neymar menyambutnya dengan tendangan keras yang telak menghujam gawang Iker Casillas. Gol kedua Brasil tiga menit jelang turun minum seperti meruntuhkan mental juara Eropa bahkan dunia tersebut.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya