10 Tim Kantongi Tiket Piala Dunia 2014

Lionel Messi merayakan gol
Sumber :
  • Reuters

VIVAbola - Sepuluh tim telah memastikan diri mengantongi tiket Piala Dunia 2014. Jumlah tersebut tersebut telah tersebar di empat wilayah konfederasi: Eropa (UEFA), Asia (AFC), Amerika Utara (CONCACAF), dan Amerika Selatan (CONMEBOL).

Brasil menjadi tim pertama yang dipastikan lolos ke perhelatan akbar Piala Dunia 2014 tanpa melalui jalur Kualifikasi karena berstatus sebagai tuan rumah. Kendati tidak merasakan sengitnya babak kualifikasi, Brasil tetap favorit juara.

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Merebut trofi Piala Konfederasi 2013 setidaknya menjadi barometer, persiapan Brasil telah matang menatap pesta sepakbola terbesar empat tahunan itu.

Tim asuhan Luis Felipe Scolari itu telah mengukir hasil optimal dalam sejumlah pertandingan internasional. Brasil menang meyakinkan atas Australia dengan skor 6-0. Selanjutnya, Tim Selecao menekuk salah satu raksasa Eropa, Portugal 3-1 di laga persahabatan. Korea Utara menjadi lawan terakhir Brasil sebelum bertarung di Piala Dunia.

Utusan Amerika Selatan lainnya, Argentina menyabet tiket Piala Dunia ke-10 usai mengalahkan Paraguay 5-2 di laga lanjutan Kualifikasi zona Amerika Selatan, Selasa 10 September 2013 (Rabu pagi WIB).

Argentina memuncaki klasemen zona CONMEBOL dengan 29 poin. Di babak Kualifikasi, Argentina masih menyisakan dua partai lagi. Tim asuhan Alejandro Sabella itu dijadwalkan akan menghadapi Peru dan Uruguay.

Hasil meyakinkan yang ditorehkan Argentina ini membuat pemain bintang mereka, Lionel Messi mulai berani bermimpi bisa membawa Argentina merebut trofi Piala Dunia yang terakhir kali direbut 1986.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

"Mimpi saya sekarang meraih juara Piala Dunia bersama seluruh tim di Argentina. Tapi, perjalanan masih sangat panjang," ujar Messi.

Federasi sepakbola dunia (FIFA) menyediakan jatah 4 sampai 5 tempat untuk tim-tim dari Amerika Selatan untuk tampil di Piala Dunia tahun depan.

Selain Brasil dan Argentina, dua tim asal benua Amerika, Amerika Serikat (AS) dan Kosta Rika pun telah mengantongi tiket ke Piala Dunia tahun depan. AS tampil sebagai juara grup CONCACAF mengemas 16 poin diikuti Kosta Rika yang tampil sebagai runner up mengantong 15 poin.

Berhasil mengantongi tiket Piala Dunia, pelatih AS, Juergen Klinsmann tidak ingin larut dalam euforia. Baginya, kerja keras tetap diperlukan untuk membuat AS bisa berbicara banyak di Piala Dunia tahun depan. Lolos ke Piala Dunia tahun depan membuat Klinsmann telah membuktikan bisa membawa AS tampil ke turnamen sepakbola tertinggi di dunia.

"Ini sangat berarti bagi saya. Sangat istimewa bisa lolos dari kualifikasi. Pemain kami layak mendapatkannya. Dua tahun lalu, publik memang sempat bertanya-tanya 'apakah kami mampu?' Tapi sekarang ini menjadi hal yang wajar," ujar Klinsmann dikutip dari FOX Sport.

Tim dari Konfederasi CONCACAF lainnya, Honduras (11 poin) kini paling berpeluang meraih tiket terakhir. Honduras butuh tambahan empat poin di dua laga sisa agar bisa lepas dari kejaran Panama dan Meksiko yang sama-sama mengumpulkan delapan poin.

Eropa baru kirim dua wakil


Dari benua Eropa, kiblat sepakbola dunia itu hingga kini baru mengirimkan dua wakilnya ke Piala Dunia. Italia dan Belanda akan menjejakkan kaki ke Piala Dunia tahun depan setelah menjadi juara di grup masing-masing. 

Italia keluar sebagai juara grup B mengantongi 20 poin. Gli Azzurri memastikan satu tempat di Piala Dunia usai mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1 di Juventus Stadium, Selasa 10 September 2013 (Rabu dinihari WIB). Allenatore Italia, Cesare Prandelli lega bisa mengantarkan Italia ke Piala Dunia.

Mantan pelatih Fiorentina itu memuji ketangguhan para pemainnya untuk membalikkan kedudukan saat memasuki babak kedua setelah tertinggal 0-1 di babak pertama. Prediksi Prandelli, Italia bisa membalikkan kedudukan tidak meleset. Italia tampil sebagai juara grup B mengemas 20 poin.

"Saya tahu kami bisa membalikkan hasil. Kini kami mendapatkan hasil yang pantas berkat tekad kuat. Kami tim hebat yang bisa mencapai batas dan konsisten membangun kualitas," kata Prandelli.

Belanda mengikuti langkah Italia ke Piala Dunia 2014 setelah menjadi juara grup D. Robin Van Persie dan kawan-kawan tidak tergoyahkan di puncak klasemen dengan mengemas 22 poin. Poin Belanda tidak terkejar para pesaingnya setelah memuncaki klasemen grup D.

Die Oranje memetik tujuh kemenangan dan satu hasil imbang tanpa menelan kekalahan. Belanda menembus Piala Dunia usai menalukkan Andorra dua gol tanpa balas, Selasa 10 September 2013 (Rabu dinihari WIB).

Menurut pelatih Belanda, Louis Van Gaal keberhasilan menembus Piala Dunia tidak lepas dari gabungan pemain senior dan junior dalam tim. Namun, dia mengakui tidak mudah untuk membangun mental juara Tim Negeri Kincir Angin setelah menuai hasil buruk di Piala Eropa 2012.

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

"Kami telah melakukan semuanya dengan baik dan menjadi tim pertama dari Eropa yang lolos ke Piala Dunia dengan produktivitas menyentuh 20 gol," kata mantan pelatih Barcelona itu sebagaimana dikutip Sporting Life.

"Kami ingin mencapai sesuatu besar. Piala Dunia pengalaman sekali seumur hidup. Menjadi pelatih timnas di ajang sebesar Piala Dunia pekerjaan luar biasa," Van Gaal melanjutkan.

FIFA memberikan jatah 13 peserta Piala Dunia yang berasal dari Eropa. Masih ada 11 tiket tersisa untuk diperebutkan tim-tim Benua Biru. Jumlah tersebut terbanyak dibanding 5 konfederasi lainnya.

Asia berpeluang tambah wakil ke Piala Dunia

Asia berpeluang menambah wakilnya ke Piala Dunia 2014 setelah Yordania meraih kemenangan di babak play off atas Uzbekistan di zona Asia pada 10 September 2013. Yordania menang 9-8 lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Yordania bisa melangkah ke Piala Dunia melalui jalur intercontinental play-off melawan peringkat lima zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Laga ini akan berlangsung dua leg pada pertengahan November 2013.

Sedikit yang memprediksi, Yordania bisa melangkah jauh di Kualifikasi Piala Dunia. Pasalnya, Yordania sempat menelan kekalahan dengan skor 0-6 saat jumpa Jepang di laga kedua fase grup pada tahun lalu.

Bila berhasil menembus Piala Dunia 2014, akan menjadi pengalaman pertama Yordania merasakan sengitnya atmosfer Piala Dunia."Saya bisa katakan, tim ini memiliki keinginan besar untuk mewujudkan mimpi tampil di Brasil," kata Pelatih Yordania, Hossam Hassan dikutip dari situs resmi FIFA usai laga melawan Uzbekistan.

Menilik ke belakang, benua terbesar di dunia itu telah mengirimkan empat wakilnya lebih dulu ke Piala Dunia sejak Juni lalu. Empat tim tersebut adalah: Jepang, Australia, Iran dan Korea Selatan. FIFA memberikan kesempaatan kepada 4 sampai 5 tim dari Asia untuk berpartisipasi di Piala Dunia.

Jepang menjadi kontestan pertama yang akan ambil bagian di Brasil lewat jalur kualifikasi. Tim berjuluk Matahari Terbit itu telah mengantongi tiket Piala Dunia sejak 4 Juni 2013.

Tim besutan Alberto Zaccheroni itu keluar sebagai juara grup B putaran empat Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Jejak Jepang juga diikuti Australia yang tampil sebagai runner up grup B. Australia telah memesan tempat di perhelatan akbar sepakbola dunia empat tahunan itu pada 18 Juni 2013.

Langkah serupa juga diikuti dua tim lainnya, Iran dan Korea Selatan dari jalur serupa. Iran tampil sebagai juara grup A putaran empat kualifikasi Piala Dunia zona Asia dan Korsel menyambar tiket Piala Dunia setelah menduduki peringkat dua grup A.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya