Singkirkan Malaysia, Indonesia Tantang Timor Leste

Pemain Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Indonesia sukses memastikan satu tempat di babak semifinal Piala AFF U-19 2013. Keberhasilan ini bertambah manis setelah tim Garuda Muda bisa menyingkirkan Malaysia yang menjadi musuh abadi di atas lapangan hijau, Rabu malam 18 September 2013.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Malam tadi, Indonesia harus melakoni laga hidup-mati melawan Malaysia di laga terakhir penyisihan grup B. Indonesia dan Malaysia harus "saling bunuh" demi mengamankan satu tiket semifinal, setelah satu tiket lainnya sudah dipegang oleh Vietnam sang pemuncak klasemen.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Berlaga di Gelora Delta Sidoarjo, Indonesia sempat tertinggal lebih dulu di menit 19 lewat gol Jafri memanfaatkan blunder lini belakang Indonesia. Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 51 melalui gol Ilham Udin. Skor 1-1 bertahan hingga usai.


Pelatih Malaysia U-19 Aminuddin bin Hussin menegaskan jika timnya sulit mengembangkan permainan karena terus ditekan Indonesia. Selain itu, Hussin juga mengkritik kelengahan anak-anak asuhnya menganstisipasi pergerakan Evan Dimas.


"Pada jeda babak kedua sudah saya ingatkan jika poros permainan Timnas Indonesia U-19 ada di kaptennya (Evan). Tapi, pemain saya lengah dan dihukum dengan gol yang berawal dari aksinya," keluhnya.


Proses terciptanya gol penyeimbang Indonesia memang dimulai dari sepakan Evan Dimas usai mengecoh dua pemain Malaysia. Sayang bola hanya membentur tiang jauh. Beruntung Ilham Udin langsung merangsek dan mencocor bola ke gawang Malaysia.


Hasil imbang ini cukup membuat Malaysia angkat koper dari Piala AFF U-19 2013. Pasalnya raihan satu poin membuat Indonesia mengunci posisi dua klasemen dengan 10 poin. Sementara Malaysia tertahan di posisi tiga klasemen dengan 8 poin.


Indonesia Tatap Timor Leste

Usai menyingkirkan Malaysia, Indonesia yang menempati runner up grup B selanjutnya akan melawan pemuncak klasemen grup A, Timor Leste di babak semifinal. Dan kekuatan Timor Leste patut diwaspadai Evan Dimas dan kawan-kawan.


Tergabung di grup A bersama Singapura, Filipina, Kamboja dan Laos, Timor Leste tidak terkalahkan. Dari lima pertandingan penyisihan grup, Timor Leste memetik empat kemenangan dan satu hasil imbang.

 

Dan salah satu pemain Timor Leste yang patut diwaspadai adalah Frangcyatma Alves yang sejauh ini sudah mencetak 3 gol. Indonesia akan melawan Timor Leste di babak semifinal pada Jumat, 20 September mendatang di Petrokimia Gresik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya