Indra Enggan Lepas Evan Dimas Ikuti Seleksi Timnas SEA Games

Kapten Timnas, Evan Dimas (Merah)
Sumber :
  • Risyal Hidayat/Antara

VIVAbola - Keinginan Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, untuk menyeleksi tiga pemain Timnas U-19 tidak direstui Indra Sjafri. Pelatih yang membawa Indonesia juara di Piala AFF U-19 itu menilai ketiganya terlalu muda untuk tampil di ajang SEA Games 2013.

"Beda usianya terlalu jauh. Jadi, sulit rasanya kalau mereka dilibatkan dalam seleksi timnas U-23," ujar Indra saat ditemui di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Rabu, 25 September 2013.

RD memang tengah  mempersiapkan Timnas U-23 untuk menghadapi SEA Games 2013 yang akan digelar di Myanmar, Desember mendatang. Pelatih Arema Indonesia itu telah melakukan serangkaian seleksi untuk menentukan para pemain yang akan mengisi skuad inti pada event nanti. 

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Melihat penampilan gemilang Indonesia di Piala AFF U-19, RD berniat untuk menyeleksi tiga pemain baru. Salah satunya adalah kapten Timnas U-19, Evan Dimas yang tampil memukau di Piala AFF U-19. Selain Evan, RD juga kepincut dengan permainan Hansamu Yama dan Ilham Udin Armain. RD berharap ketiga pemain itu bersedia untuk mengikuti seleksi bersama Timnas U-23.

"Mereka (para pemain timnas U-19) memang bagus, tapi jika bermain di kelompok umur yang sama. Belum tentu permainan mereka akan berkembang di level yang lebih tinggi," ujar Indra menanggapi keinginan RD.

Indra menambahkan, bukan hanya RD yang tertarik dengan pemainnya. Beberapa klub penghuni Liga Super Indonesia (ISL) juga banyak yang berniat merekrut para pemain Timnas U-19. Menurutnya, hal itu wajar terjadi. Namun, dia menyarankan agar para pemainnya tidak gegabah dalam menentukan langkah.

"Ada beberapa yang sudah punya klub, ada juga yang belum. Saya menyarankan jika ada tawaran yang datang, lebih baik berhati-hati. Para pemain harus bisa membuat keputusan yang pas. Jika nantinya hanya menjadi cadangan untuk apa? Tidak ada gunanya dan akan merusak perkembangan mereka," kata Indra.

Menurut Indra, saat ini PSSI bersama Badan Tim Nasional (BTN) tengah mencari formula yang cocok untuk membina pemain-pemain dari Timnas U-19. Namun, mantan pelatih PSP Padang itu belum bisa membeberkan teknis pelaksanaannya.

"Sudah ada pembicaraan mengenai formula untuk pembinaan mereka. Mengenai apakah itu sama dengan program Primavera atau Baretti, itu belum bisa saya beberkan karena masih proses," kata Indra.

Dalam waktu dekat, Timnas U-19 akan menghadapi Pra Piala Asia U-19 2014. Gelaran ini dihelat di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, dan Stadion Petrokimia, Gresik, mulai 8 Oktober 2013. Indonesia tergabung di Grup G bersama Laos, Filipina dan Korea Selatan. (one)

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016