Peta Kekuatan Indonesia dan Filipina Beberapa Tahun Terakhir

Greg Nwokolo saat Timnas Indonesia melawan Filipina
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVAbola - Indonesia akan menghadapi Filipina di babak Kualifikasi Piala Asia U-19 Grup G di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis 10 Oktober 2013. Sebelum menyaksikan laga ini, menarik disimak perkembangan kekuatan kedua tim dalam beberapa tahun terakhir.

Dulu, Filipina selalu menjadi lumbung gol bagi lawan-lawan mereka, termasuk Indonesia. Rekor kemenangan terbesar Indonesia tercatat saat melawan Filipina. Tim Merah Putih sempat menaklukkan Filipina 12-0 pada 22 September 1972. Pembantaian kembali terjadi pada 23 Desember 2002, saat Indonesia menaklukkan Filipina 13-1.

Namun, kekuatan Filipina mulai membaik dalam beberapa tahun terakhir. Dengan mengandalkan pemain-pemain naturalisasi, The Azkals perlahan menjadi kekuatan yang disegani di Asia Tenggara. Bahkan, saat ini, peringkat FIFA Filipina ada di atas Indonesia. Filipina di posisi 141, sedangkan Indonesia di peringkat 170.

Beberapa pemain Filipina berlaga di kompetisi Eropa. Sebut saja Neil Etheridge yang berlaga di klub Premier League, Fulham. Lalu, ada Stephan Schroeck, saat ini membela klub Bundesliga Jerman, Eintracht Frankfurt. Belum lagi Younghusband bersaudara, Phil Younghusband dan James Younghusband yang sempat tercatat sebagai pemain Chelsea.

Prestasi Filipina dalam dua Piala AFF terakhir tergolong konsisten. Mereka selalu berhasil menembus babak semifinal. Di Piala AFF 2010, Filipina kalah 0-2 dari Indonesia secara agregat, sedangkan pada 2012 kalah agregat 0-1 dari Singapura.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Sedangkan Indonesia gagal lolos dari penyisihan grup pada Piala AFF 2012. Sebelumnya, di Piala AFF 2010, Indonesia kalah dari Malaysia di partai puncak.

Filipina juga mulai mengukir prestasi di ajang internasional. Mereka merebut posisi 3 AFC Challenge Cup 2012. Di tahun yang sama, Azkals berhasil merebut gelar Philippine Peace Cup dengan menyapu bersih 3 kemenangan dari 3 laga. Ini sekaligus menjadi gelar perdana Filipina sejak merebut Far Eastern Games 1913.

Sementara itu, prestasi Indonesia kini mulai berkibar di level junior. Indonesia U-16 secara mengejutkan menyingkirkan tim kuat Australia lewat adu penalti di Piala AFF 2013. Sayangnya, di final, Indonesia justru kalah dari Malaysia juga lewat adu penalti. Di level U-19, Indonesia sanggup meraih gelar juara Piala AFF 2013. Tim besutan Indra Sjafri menaklukkan Vietnam di partai puncak dengan skor 7-6.

Sebaliknya, prestasi Filipina justru buruk di level junior. Di AFF U-16, Filipina terdampar di posisi juru kunci grup B dengan 3 poin dari 4 laga. Di Piala AFF U-19 lebih parah lagi. Mereka gagal meraup satu poin pun dari 4 pertandingan, hanya mencetak 4 gol dan harus kebobolan 12 gol.

Di Kualifikasi Piala Asia 2014, Filipina U-19 juga mengalami hasil buruk di laga perdana. Mereka takluk 0-4 dari Korea Selatan di saat Indonesia mampu menang 4-0 atas Laos. (one)

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016