Daftar 9 Wakil Eropa di Piala Dunia 2014

Para pemain timnas Spanyol rayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina
VIVAbola -
Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Tadi Malam
Laga terakhir Pra Piala Dunia 2014 zona Eropa telah berlangsung serentak dini hari tadi. Kini, terungkap sudah siapa saja yang akan mewakili Eropa di Brasil tahun depan.

Italia Jadi Korban Keganasan Jerman

Empat negara memastikan diri lolos dini hari tadi menyusul langkah Belanda, Italia, Belgia, Swiss, dan Jerman. Keempat negara itu adalah Rusia, Bosnia-Herzegovina, Inggris, dan Spanyol.
Jerman Unggul 2 Gol Atas Italia di Babak I


Di grup F, Rusia memastikan langkah usai menahan imbang tuan rumah Azerbaijan 1-1. Ini membuat kemenangan 3-0 Portugal atas Luksemburg terasa hambar. Pasalnya, Seleccao das Quinas tetap harus menempuh jalur playoff.

Sementara itu, persaingan ketat terjadi di grup G. Bosnia-Herzegovina dan Yunani sama-sama mengumpulkan 25 poin.

Akhirnya, Bosnia yang melenggang karena unggul agresivitas gol. Yunani harus puas dengan jatah playoff. Ini merupakan partisipasi perdana Bosnia di Piala Dunia.


Dua negara lagi yang berhasil memastikan tiket adalah Inggris dan Spanyol. Uniknya, kedua negara ini sama-sama menang 2-0. Inggris menaklukkan Polandia, sedangkan Spanyol menang atas Georgia. Hasil ini sekaligus membuat Ukraina dan Prancis harus puas dengan jatah playoff.


Rumania dan Islandia Rebut Tiket Playoff

Di grup D dan E, tiket ke Piala Dunia sudah bisa dipastikan milik Belanda dan Swiss. Namun, persaingan merebut jatah playoff tetap menarik.


Rumania dan Islandia akhirnya berhak atas jatah playoff setelah meraih hasil positif atas lawan-lawan mereka.


Rumania menyodok ke posisi kedua setelah menang 2-0 atas Estonia. Mereka terbantu dengan kemenangan 2-0 Belanda atas Turki.


Nasib nyaris serupa dimiliki Islandia. Hasil imbang 1-1 atas tuan rumah Norwegia sudah mengamankan tiket playoff. Ini tak terlepas dari kemenangan 1-0 Swiss atas Slovenia.


Delapan runner-up terbaik dari tiap-tiap grup masih berpeluang merebut 4 tiket tersisa lewat jalur playoff. Laga playoff akan berlangsung pada 15 dan 19 November 2013. Pengundian akan dilakukan pada 21 Oktober 2013 di Zurich, Swiss berdasarkan ranking FIFA terbaru.


Berikut 9 wakil Eropa di Piala Dunia:

1. Belgia

2. Italia

3. Jerman

4. Belanda

5. Swiss

6. Rusia

7. Bosnia-Herzegovina

8. Inggris

9. Spanyol


Berikut 8 tim yang akan berlaga di babak playoff:

1. Yunani

2. Prancis

3. Portugal

4. Ukraina

5. Swedia

6. Islandia

7. Rumania

8. Kroasia
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya