6 Pemain Thailand yang Perlu Diwaspadai Indonesia

Thailand melawan Timor Leste di SEA Games 2013
Sumber :
  • Facebook/27th SEA Games Official
VIVAbola
Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua
- Timnas Indonesia U-23 akan melawan Thailand pada laga kedua babak penyisihan Grup B SEA Games 2013 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis 12 Desember 2013 sore. Lalu, bagaimana dengan kekuatan Tim Gajah Putih?

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Dibanding Kamboja yang dikalahkan Indonesia 1-0 di pertandingan pertama, Thailand merupakan lawan yang jauh lebih kuat. Thailand kini berada di urutan 2 klasemen sementara Grup B usai mengalahkan Timor Leste 3-1 di laga sebelumnya.
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan


Pelatih Indonesia, Rahmad Darmawan, juga menyadari kekuatan Thailand. Bahkan, mantan pelatih Persipura Jayapura itu sudah mendata pemain-pemain Gajah Putih yang perlu dihentikan pergerakannya.

"Thailand merupakan tim yang bermain dengan mengutamakan
game passing.
Mereka juga piawai memanfaatkan sisi kiri dan kanan lawan dan punya dua
full back
yang rajin membantu," kata pelatih yang akrab disapa RD itu usai latihan di Padonmar Stadium, Yangon, Rabu 11 Desember 2013.


"Mereka juga mampu melakukan variasi dengan kombinasi serangan dari lini tengah melalui pemain nomor 9, 10, dan 7. Pemain nomor 18 juga sangat bagus di lini kedua," sambungnya.


Berikut ini profil singkat 6 pemain Thailand yang patut diwaspadai Indonesia:


1. Theeraton Bunmathan (Bek kiri/Nomor punggung 3)

Pemain yang beroperasi sebagai bek kiri ini adalah kapten timnas Thailand. Bunmathan sudah 23 tahun. Sebelumnya, Bunmathan juga pernah tampil di SEA Games 2011. Selain bermain di Thailand U-23, Bunmathan juga merupakan punggawa timnas Thailand senior.


2. Artit Daosawang (Bek kanan/Nomor punggung 8)

Pemain ini beroperasi sebagai bek kanan. Berusia 21 tahun, Artit baru pertama kali tampil di SEA Games. Meski demikian, pergerakannya di sisi kiri pertahanan lawan pantas diwaspadai. Selain punya kemampuan membuka ruang, Artit juga punya naluri mencetak gol. Pada laga sebelumnya, Artit mencetak satu gol ke gawang Timor Leste.


3. Adisak Kraisorn (Striker/Nomor punggung 9)

Berposisi sebagai striker, Kraisorn merupakan pemain yang juga memiliki pengalaman tampil di SEA Games 2011. Dengan postur tubuh 181 cm, pemain Buriram United ini tangguh dalam bola-bola atas.


4. Pokkhao Anan (Gelandang/Nomor punggung 10)

Gelandang 22 tahun ini juga mencetak satu gol ke gawang Timor Leste. Anan juga memperkuat Thailand di SEA Games 2011 dan beberapa kali memperkuat timnas senior Gajah Putih.


5. Thitipan Puangchan (Gelandang/Nomor punggung 7)

Meski baru 20 tahun, Puangchan, tidak boleh dianggap remeh. Pemain Muangthong United itu merupakan salah seorang pemain muda terbaik Tim Gajah Putih. Beroperasi di lini tengah, Puanchan juga ikut mencetak satu gol ke gawang Timor Leste pada pertandingan pertama.


6. Chanathip Songkrasin (Gelandang/Nomor punggung 18)

Berstatus sebagai pemain cadangan, Songkrasin masuk daftar yang pantas diwaspadai Timnas U-23. Meski baru 20 tahun, pemain ini dianggap punya kemampuan yang mumpuni di lini kedua Thailand. (one)


Ingin baca artikel menarik lainnya? Klik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya