Kahn: Chelsea 'Beli' Gelar Juara Liga Champions 2012

Kiper Chelsea, Petr Cech, usai menjuarai Liga Champions 2012
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez
VIVAbola
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Mantan kiper timnas Jerman, Oliver Kahn menilai sukses Chelsea menjuarai Liga Champions di Allianz Arena pada tahun 2012 membuktikan kekuatan uang kini menjadi faktor penentu dalam sepakbola modern saat ini.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

"Dana kuat kini adalah faktor yang menentukan," kata mantan pemain Bayern Munich itu kepada Kicker.
Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'


Chelsea meraih trofi bergengsi Eropa tersebut pada 2012 setelah selama sembilan tahun pemiliknya, Roman Abramovich mengeluarkan dana jor-joran untuk terus mendatangkan banyak pemain bintang kelas dunia.


Sehingga Kahn menganggap The Blues seperti telah 'membeli' gelar juara Liga Champions. Dan sukses Chelsea itu adalah puncak dari tren kesuksesan sejumlah klub Eropa yang memiliki fondasi dana melimpah.


"Untuk promosi ke Bundesliga, Anda sekarang membutuhkan anggaran hingga €25 juta. Untuk memenangkan Liga Champions, butuh €300 juta (prediksi harga skuad Chelsea saat menjuarai Liga Champions 2012)."


"Abramovich 'membeli' gelar, tapi tidak berbeda dengan Manchester City, Real Madrid , Barcelona atau Bayern," katanya. Empat nama klub terakhir yang disebut dikenal klub kaya yang gemar membeli pemain dengan harga mahal.


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya