Gong ISL 2014 Berbunyi, Persaingan Panas Dimulai

Pemain Persipura Jayapura saat meraih trofi juara ISL 2013
Sumber :
  • Ligaindonesia.co.id
VIVAbola - Sabtu 1 Februari akan menjadi pekan perdana Liga Super Indonesia (ISL) musim 2014. Di pekan perdana ini, beberapa laga seru akan tersaji dari wilayah Barat dan Timur.
Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Di wilayah Barat, pertandingan seru antara Barito Putera versus Persija Jakarta akan tersaji di Stadion Demang Lehman, Martapura. Lalu, ada juga pertandingan antara Pelita Bandung Raya versus Persita Tangerang.
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

Wilayah Timur pun memiliki satu laga seru yang dijamin akan sangat tinggi tensi permainannya. Tim bertabur bintang, Persebaya Surabaya akan menantang klub kaya raya asal Kalimantan, Mitra Kukar. Sedangkan, juara bertahan Persipura Jayapura akan diuji kesaktiannya dengan menjamu Persela Lamongan di Stadion Mandala.
Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija

Satu laga lain di wilayah Timur mempertemukan antara Persiba Balikpapan dan Persiba Bantul. Berlanjut di hari kedua pada Minggu 2 Februari 2014. Ada dua pertandingan yang akan menyita perhatian di hari itu.

Persib Bandung ditantang oleh Sriwijaya FC. Lalu, PSM Makassar yang baru saja kembali ke ISL, langsung melawan tim kuat, Persisam Putra Samarinda.

Ini baru pekan perdana, namun ISL sudah menyajikan pertandingan-pertandingan yang sangat seru. Diyakini, persaingan ISL di musim 2014 akan semakin ketat. 

Masing-masing tim tentunya akan menunjukkan performa terbaik di setiap pertandingan. Pasalnya, hanya ada empat tiket di masing-masing wilayah untuk bisa tampil di babak 8 besar.

Beberapa tim besar memang masih menjadi unggulan pada musim ini. Contohnya adalah Persipura, Mitra Kukar, dan Persisam masih menjadi poros di wilayah Timur. Tapi, ada beberapa tim yang juga layak dikedepankan untuk bisa lolos ke fase 8 besar mewakili wilayah Timur. Mereka adalah Persebaya, PSM Makassar, hingga Persiram Raja Ampat.

Sedangkan persaingan di wilayah Barat disebut-sebut akan menjadi sangat ketat. Kekuatan tim di wilayah ini sangat merata. Ada Arema Indonesia, Persib, Sriwijaya, Semen Padang, Barito Putera, hingga Gresik United yang dijagokan untuk lolos ke 8 besar.

"Setiap tim saling berbenah untuk meningkatkan kekuatan agar mampu bersaing. Persaingan di ISL musim ini akan sangat ketat dan padat," kata pelatih Semen Padang, Jafri Sastra.

"Kami siap menghadapi ISL musim depan. Memang akan sangat ketat persaingannya. Tapi, meski hanya mengandalkan pemain muda, kami optimistis bisa meraih prestasi terbaik di ISL musim ini," ucap pelatih Persija Jakarta, Benny Dollo.

Ujian Sang Juara Bertahan

Musim 2014 akan menjadi sangat berat bagi Persipura. Selain akan berlaga di ISL, Mutiara Hitam juga harus mewakili Indonesia di pentas AFC Cup.

Torehan kurang memuaskan diraih Persipura di kompetisi pramusim, Inter Island Cup (IIC) 2014, beberapa waktu lalu. Tergabung di zona Sulawesi-Papua, Persipura gagal bersaing dengan Persiram dan tim promosi, Perseru Serui.

Mereka tidak lolos ke babak 8 besar karena hanya menempati peringkat 3 klasemen akhir. Tidak matangnya persiapan tim sebelum IIC 2014 digelar disinyalir menjadi penyebab utama.

Hal itu terlihat ketika Persipura berkiprah di IIC 2014. Permainan tim tampak belum padu dan terkoordinir dengan baik. Permainan kolektif yang biasa ditampilkan, tidak muncul di sepanjang perhelatan IIC 2014. Selain itu, pertahanan Persipura juga sangat mudah ditembus.

Kekurangan itu sangat terlihat pada laga perdana mereka di IIC 2014. Berhadapan dengan Perseru, Persipura takluk dengan skor tipis 3-2.

Banyak yang memprediksi, Persipura akan kewalahan di musim 2014 ini. Apalagi, beberapa pemain bintang macam Zah Rahan, Otavio Dutra, Riccardo Salampessy, dan Ortizan Solossa, hengkang ke klub lain. Namun, pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, justru memiliki pandangan lain.

"Dari awal kami tahu, tim ini banyak melakukan berbagai perubahan, dan akan menjadi tidak menguntungkan ketika kami bermain di ajang IIC 2014. Soal permainan, saya rasa masih terlalu dini jika Persipura dinilai tidak sekuat musim lalu," kata pria berpaspor Brasil itu.

Kekuatan Persipura akan diuji ketika menjamu Persela Lamongan di Stadion Mandala, Sabtu 1 Februari 2014 besok. Pertandingan ini akan menjadi pembuka ISL musim 2014. Persipura dijagokan untuk bisa meraih 3 poin dari Laskar Joko Tingkir.

Secara kualitas tim, Persipura jauh lebih baik ketimbang Persela. Meski sang kapten, Boaz Solossa, tidak bisa tampil pada laga besok, Jacksen ternyata sudah menyiapkan pemain pengganti yang sepadan untuk bisa mendobrak pertahanan Persela.

Jacksen juga menggaransi, timnya akan menampilkan permainan yang lebih baik ketimbang di ajang IIC 2014 lalu. Selama 10 hari, Persipura memang menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Batu untuk mematangkan tim. Dan untuk laga besok, Jacksen menuntut anak-anak asuhnya untuk tampil tanpa beban.

"Sudah pasti ada pengganti (untuk Boaz). Pemain muda kami sedang berada dalam motivasi yang tinggi. Mereka siap tampil untuk menghadapi laga perdana ISL besok," tutur Jacksen.

"Selama di Batu, persiapan kami cukup baik. Kami harus fokus untuk laga besok. Dengan beberapa uji coba di Batu, pemahaman taktik dan kerja sama tim semakin terasah dibandingkan di IIC 2014 yang lalu. Di laga perdana nanti, para pemain harus tampil tanpa beban," sambung dia.

Di kubu Persela, pelatih Eduard Tjong mengaku timnya sama sekali tidak gentar menghadapi sang juara bertahan. Tjong sadar, timnya memang tidak lebih baik dari Persipura. Permasalahan finansial yang melanda Persela memang sempat mengganggu persiapan di awal musim.

Bahkan, Persela baru tiba di Jayapura pada Jumat 31 Januari 2014 pagi. Kondisi itu sangat riskan bagi sebuah tim. Datang pada H-1 pertandingan akan berpotensi menimbulkan kelelahan di dalam tim. Meski begitu, Tjong yakin timnya bisa merepotkan Persipura di laga nanti.

"Memang kedatangan H-1 Persela akan memengaruhi persiapan tim. Tapi, tim pelatih sudah memperhitungkannya secara matang dan menyiapkan tim sejak jauh-jauh hari," ucap Tjong.

"Di laga besok kami harus bermain dengan semangat yang tinggi. Meski Boaz absen, kami harus tetap waspada karena Persipura punya kualitas tim dan kerjasama yang baik. Masih ada Titus Bonai dan Boakay Eddy Foday yang sangat berbahaya. Persela akan memberikan perlawanan sengit kepada Persipura," sambung dia. 

Momen Kebangkitan Macan Kemayoran

Musim lalu, Persija Jakarta harus terseok-seok di putaran pertama. Sebagai salah satu tim legendaris di Indonesia, Persija harus bersusah payah menghindari ancaman degradasi di putaran pertama ISL 2013.

Tentunya prestasi itu tidak pantas diraih oleh Persija. Di putaran pertama ketika itu Persija hanya mengandalkan pemain-pemain muda yang minim pengalaman. Bukan rahasia lagi, pada persiapan di musim 2013, Persija terganggu dengan isu finansial.

Macan Kemayoran baru bangkit di putaran kedua ISL 2013. Ketika itu manajemen klub sukses mendatangkan pemain-pemain bintang semacam Rohit Chand, Emmanuel 'Pacho' Kenmogne, dan Muhammad Ilham. Ketiganya pun sukses membawa Persija finis di peringkat 11 klasemen akhir.

Dan pada musim 2014 ini, kondisi finansial Persija tampaknya mulai sedikit membaik. Tim asal ibukota sukses memperpanjang kontrak Rohit Chand. Selain itu, beberapa pemain baru seperti talenta muda berbakat, Gilbert Ricard Dwaramury, serta pemain senior semacam April Hadi akan memperkuat Persija.

Rekrutan paling anyar dan diklaim termahal Persija adalah mantan striker timnas Kroasia di Piala Dunia 2014, Ivan Bosnjak. Kubu Persija tampak sangat optimistis dengan kehadiran Bosnjak di dalam tim.

Kapasitasnya sebagai salah satu striker yang berpengalaman merumput di Eropa diyakini akan membawa Persija menempati peringkat atas ISL 2014. Bahkan, manajemen dengan yakinnya memasang target juara usai sukses merekrut Bosnjak pada Rabu 29 Januari 2014 lalu.

Tapi, Persija harus berjuang keras jika ingin meraih prestasi tinggi di ISL 2014 ini. Di lima laga awal, Persija sudah harus menghadapi tim-tim kuat seperti Barito Putera, Semen Padang, Pelita Bandung Raya, Persib Bandung, dan Sriwijaya FC.

"Bertandang ke Barito kami harus menang, minimal seri. Kami harus optimistis untuk bisa menatap laga perdana di ISL musim 2014 ini," kata pelatih Persija, Benny Dollo (Bendol).

"Lima laga awal akan menjadi tantangan bagi kami. Persiapan sudah cukup baik, pemain-pemain buruan sudah didapatkan. Saat ini pola permainan juga sudah mulai tajam. Kami yakin bisa bersaing dengan modal yang sudah dikantongi untuk mengarungi ISL musim ini," sambung mantan pelatih timnas Indonesia era 2000/01 ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya