Pemain Ghana Dibayar Rp845 Juta untuk Tampil di Piala Dunia

Andre Ayew (10) bersama pemain Ghana lainnya.
Sumber :
  • REUTERS/Louafi Larbi
VIVAbola -
Wanita Seksi, Kunci Agar Orang Ghana Suka Sepakbola Lokal
Pemerintah Ghana telah menentukan uang tampil yang akan diterima para pemain Ghana di Piala Dunia 2014. Meski jumlah ini tak naik dari yang diberikan pada PD 2010.

Cantik & Modisnya 4 WAGs Gandengan Pemain Ghana

Setiap pemain The Black Stars akan menerima $75.000 atau lebih dari Rp845 juta di Brasil nanti. Menurut
Lewat Adu Penalti, Pantai Gading Juara Piala Afrika 2015
Ghanasoccernet, Menteri Olahraga, Elvis Afriyie Ankrah, telah menerima keputusan menyangkut besaran uang saku bagi para pemain Ghana ini.


Pemerintah Ghana juga telah menyepakati anggaran sebesar $9,8 juta atau Rp110 miliar lebih buat seluruh anggota tim Ghana saat tampil di Brasil nanti. Jumlah ini lebih kecil $20 juta dari anggaran yang diajukan Persatuan Sepakbola Ghana dan Menteri Olahraga.


Padahal, dana $20 juta itu diharapkan bisa menaikkan uang saku para pemain. Sekaligus digunakan untuk bonus jika mampu lolos ke fase knockout dalam partisipasi ketiga beruntun di Piala Dunia ini.


Tapi, Menteri Olahraga Elvis Afriyie Ankrah, menegaskan bahwa sidang kabinet memutuskan untuk mempertahankan uang saku bagi para pemain seperti di PD 2010 Afrika Selatan. Di mana tak meutup kemungkinan tetap akan diberikan bonus jika Asamoah Gyan cs berprestasi.


"Dari hasil diskusi di kabinet dan bersama pemerintah, kami diinstruksikan untuk tak menaikkan uang saku para pemain. Bonus tetap akan diberikan jika kami melangkah ke babak berikutnya (16 besar). Itu diharapkan justru bisa memotivasi pemain," ujar Afriyie Ankrah.


Pemerintah Ghana tampaknya realistis melihat peluang timnya di Brasil nanti. The Black Stars bergabung di "Grup Maut" di Grup G bersama Jerman, Portugal dan Amerika Serikat.


Meski berat, Ghana berpeluang besar membuat kejutan lolos ke babak 16 besar seperti di dua Piala Dunia terakhir. Ghana mampu lolos ke babak 16 besar PD 2006 dan 8 besar PD 2010.


Ghana juga berada di grup maut di PD 2010 bersama Jerman, Australia dan Serbia, tapi mampu menjadi runner up grup. Kevin Prince Boateng terhenti di 8 besar usai kalah adu penalti dari Uruguay bersama Diego Forlan yang saat itu sedang on fire.


Di Jerman 2006, Ghana juga mampu menjadi runner up grup di bawah Italia dalam grup yang diisi juga oleh AS dan Republik Ceko. Langkah The Black Stars dihentikan Brasil 0-3 di 16 besar.


Di Brasil, Ghana akan kembali mengandalkan para pemainnya yang tampil di Eropa seperti Sulley Muntari, Michael Essien (AC Milan), Kwadwo Asamoah (Juventus), Andre Ayew (Marseille), Christian Atsu (Vitesse), dan Kevin-Prince Boateng (Schalke). (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya