Ronaldo: Para Pemain Brasil di Bawah Tekanan Hebat

Perpisahan Ronaldo Brazil
Sumber :
  • yahoo sports
VIVAbola –
Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016
Legenda sepakbola Brasil, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, mengungkapkan kekhawatirannya mengenai tekanan yang akan dihadapi para pemain Selecao di Piala Dunia 2014. Sebagai tuan rumah, dukungan publik Brasil bisa menjadi hal yang baik, tapi besarnya ekspektasi juga bisa menjadi bumerang bagi Thiago Silva dan kawan-kawan.

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016

Ronaldo yang membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 percaya, semua orang di negaranya berharap Selecao kembali mengangkat trofi turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia tersebut. Menurut Ronaldo, kendati memiliki skuad hebat, tim besutan Felipe Scolari harus sadar bagaimana meredam tekanan yang ada.
2 Kali Gagal Menang, Dunga Minta Brasil Tampil Lebih Ngotot


“Para pemain, ketika mereka tidak tahu jika mereka akan menang atau kalah, sebenarnya, mereka berada di bawah tekanan yang hebat. Tentu saja, bermain di negara Anda sendiri seperti mendapat tanggung jawab tambahan,” jelas Ronaldo, seperti dilansir Sportsfan.


“Rakyat Brasil tentu saja berharap bahwa semuanya akan berjalan sempurna dengan Brasil memenangkan Piala Dunia di tanah mereka sendiri,” lanjut mantan pemain Real Madrid dan Barcelona ini.


Ronaldo juga tak memungkiri bahwa Brasil memang difavoritkan untuk menjadi juara Piala Dunia 2014, dan dia yakin situasi ini bukan hal baru bagi negaranya. Mantan pemain Inter Milan dan AC Milan ini juga menuturkan, Piala Dunia selalu dianggap sebagai hal yang penting oleh masyarakat Brasil. Dengan berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia, ada nilai dan budaya mereka yang hendak ditunjukkan oleh rakyat Brasil kepada dunia. 


“Brasil memiliki tim yang hebat, tapi tekanan juga besar. Sangat penting bagi Brasil untuk difavoritkan, sehingga para pemain akan terbiasa dengan tekanan besar ini. Ada banyak keyakinan dan tak sedikit keraguan, tapi kami melihat kesuksesan yang besar,” ungkapnya.


Di babak penyisihan Piala Dunia 2014, Brasil tergabung di Grup  A bersama Kamerun, Kroasia, dan Meksiko. Jika Brasil mampu memenangkan turnamen yang digelar Juni-Juli mendatang, maka mereka akan mengoleksi enam trofi Piala Dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya