Evaluasi Timnas U-19 akan Digelar Januari 2015

Pemain Timnas Indonesia U-19, Hendra Sandi Gunawan, saat lawan Australia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVAbola - Badan Tim Nasional (BTN) belum berniat untuk melakukan evaluasi terhadap timnas Indonesia U-19 yang gagal memenuhi target di Piala Asia U-19, Myanmar. Rencananya, agenda ini akan digelar bersamaan dengan Kongres PSSI, Januari 2015.

Langkah ini tak lepas dari keputusan Kongres Tahunan PSSI, 26 Januari lalu, di mana salah satu hasilnya adalah target lolos ke Piala Dunia U-20, 2015. Namun, sebelum dibawa ke Kongres, PSSI rencananya akan membahasnya di tingkat Komite Eksekutif.

"Nantinya, Kongres bisa menghasilkan beberapa terobosan," jelas Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti, dalam pesan singkatnya kepada para wartawan.

Harapan besar memang sempat dibebankan di pundak para pemain Timnas U-19 saat berlaga di Piala Asia U-19 di Myanmar. Setelah melalui pemusatan latihan jangka panjang dan melewati Tur ke Timur Tengah dan Spanyol, Evan Dimas dan kawan-kawan diprediksi bakal mampu menembus babak semifinal sekaligus meraih tiket ke Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Selandia Baru, tahun depan.

Sayangnya, Garuda Jaya gagal mewujudkannya. Bergabung di Grup B, pasukan Indra Sjafri justru kalah di tiga laga yang dilalui. Di laga perdana, Indonesia menyerah 1-3 dari Uzbekistan. Sedangkan pada laga kedua, Garuda Jaya kalah 0-1 dari Australia.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Di laga penutup, Indonesia kembali kalah 1-4 dari Uni Emirat Arab. Dengan hasil ini, Garuda Jaya menempati urutan paling buncit klasemen akhir Grup B. Sedangkan dua tim yang lolos ke perempat final adalah Uzbekistan dan Uni Emirat Arab (UEA).

Setelah tersingkir dari Piala Asia U-19, skuad Garuda Jaya akan meninggalkan Myanmar, sore ini, Kamis, 16 Oktober 2014. Pasukan Indra Sjafri akan bertolak dari Bandara Internasional Yangon, Myanmar, pukul 16.00 waktu setempat.

Tak dijelaskan pesawat apa yang ditumpangi oleh Timnas U-19. Namun, jika dirunut dari jadwal resmi yang dikeluarkan bandara, pesawat yang berangkat dari Yangon di pukul 16.00 adalah Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH-743.

Mereka terlebih dahulu akan transit di Kuala Lumpur dan dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, pada Jumat 16 Oktober 2014 pukul 00.30 WIB. (one)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016