Guardiola: Saya Benci Tiki Taka

Mantan pemain Barcelona, Pep Guardiola.
Sumber :
  • REUTERS/Michaela Rehle

VIVAbola - Fakta mengejutkan keluar dari mulut pelatih Bayern Munich, Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu mengaku benci gaya bermain tiki taka. Padahal, gaya itu identik dengannya, saat memimpin Barcelona meraih sukses.

Di bawah komando Guardiola, gaya bermain dengan penguasaan bola yang dominan, mengantarkan Blaugrana meraih sukses gemilang dengan memenangkan 3 trofi La Liga dan 2 trofi Liga Champions (2008-2012).

Namun, dalam sebuah buku yang ditulis oleh jurnalis Marti Perarnau, terungkap bahwa Guardiola tidak suka dengan gaya bermain tiki taka. Itu diungkapkannya ke para pemain usai Bayern menekuk Nuremberg.

"Saya benci segala macam passing, tiki taka. Itu semua adalah sampah dan tidak memiliki tujuan. Anda harus mengumpan bola dengan tujuan yang jelas, yaitu ke gawang lawan," kata Guardiola seperti dilansir Telegraph, Jumat 17 Oktober 2014.

"Anda harus menemukan DNA permainan Anda sendiri. Saya benci tiki taka, karena itu berarti melakukan passing untuk sekadar mengumpan bola, tanpa maksud yang jelas dan sia-sia."

Dia menambahkan, permainan tiki taka Barca asuhannya bukan berfokus pada dominasi penguasaan bola dengan banyak memberikan passing. Namun, lebih kepada cara membongkar pertahanan lawan untuk mencetak gol.

"Barca tidak melakukan tiki taka. Anda hanya harus menarik lawan meninggalkan sisi lemah mereka, dan setelah itu, kita serang dan mencetak gol. Itulah yang dibutuhkan, tidak ada hubungannya dengan tiki taka," tutur Pep. (one)

Pep Larang ManCity Main Bola Panjang
Baca juga:

Ketika Neymar Ditawari Seorang Wanita Cantik

10 Tahun Bersama Barcelona, Inilah 6 Sulap Terbaik Messi

ISL Diminta Datangkan Messi dan Bendtner

Kisah Romantis Luis Suarez Buru Cinta Sejati Lewat Sepakbola

Evan Dimas dan Maldini Pali Memulai Babak Baru

Rencana Kontroversial Klub Inggris Gaet Pemerkosa

Pertandingan Rusuh, Wasit Keluarkan 12 Kartu Merah

Arogan, Pemain Prancis Ini Diolok-olok Balik

MU Ingin Pulangkan Pemain Ini ke Old Trafford

Platini Usulkan Kartu Putih dalam Pertandingan Sepakbola

UEFA Cemas Tren Drone Bakal Mengancam Sepakbola Eropa

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016