Liverpool Gunakan Teknologi Baru untuk Analisa Cedera Pemain

Liverpool gunakan teknologi baru untuk menganalisa cedera pemain.
Sumber :
  • Liverpool Echo

VIVA.co.id – Liverpool menanamkan modal dalam teknologi baru, yang memungkinkan staf medis menangani cedera pemain secara efektif. Piranti lunak yang mereka gunakan, akan membantu mengidentifikasi kondisi pemain, segera setelah terjadinya insiden di lapangan.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola, Ada Liverpool hingga MU Vs Tottenham

Dikutip dari Mirror pada Kamis, 10 Maret 2016, sistem myplayXplay menggunakan cuplikan rekaman dari pertandingan, untuk menganalisa kondisi pemain pada komputer tablet. Sistem dapat memberitahukan, jenis cedera yang mungkin diderita pemain, hanya dalam hitungan detik.

Dokter Liverpool, Andy Massey, mengatakan kesepakatan antara Liverpool dengan myplayXplay, merupakan kolaborasi yang luar biasa. "Memungkinkan kami, untuk melihat rekaman proses terjadinya benturan antarpemain di lapangan," ucapnya.

Negosiasi Kontrak Mohamed Salah Belum Temui Titik Terang

"Ini tentang kesejahteraan pemain, dan kami tidak dapat mengabaikan teknologi, dalam upaya melindungi para pemain kami," kata Massey. Gambar-gambar insiden benturan dan cedera, akan memudahkan tim medis dalam membuat diagnosa yang lebih akurat.

Sistem itu menjadi sangat penting, karena diagnosa yang akurat dapat mencegah terjadinya cedera lebih parah. Liverpool telah menggunakan teknologi baru, dalam beberapa pertandingan terakhir, seperti terlihat ketika Dejan Lovren mengalami cedera di lapangan.

Kesalnya Lautaro Martinez saat Alexis Sanchez Dikartu Merah

Staf medis Liverpool terlihat berlari ke dalam lapangan, tidak hanya dengan perlengkapan medis yang biasa, namun juga komputer tablet. Penggunaan teknologi baru, itu akan menajdi langkah maju dunia sepakbola di masa depan.

Ivan Reel, anggota tim myplayXplay yang berbasis di Kanada, mengatakan selama ini tim medis hanya mengandalkan hasil rekaman, yang didapat dari pihak lain seperti televisi. Sementara myplayXplay, memberikan akses langsung pada rekaman insiden.

"Jika beruntung, staf Liverpool akan mendapatkan rekaman ulang tambahan. Tapi itu tidak ideal, ketika Anda berusaha mengevaluasi cedera yang dialami pemain," kata Reel. Sistem myplayXplay dioperasikan dengan cara yang mudah, dilengkapi beragam fungsi penting.

Rekaman bisa dihentikan sementara, dimajukan atau dimundurkan, hanya dengan sentuhan jari pada layar. Pengembang sistem berharap, nantinya myplayXplay juga bisa digunakan, bukan hanya untuk keperluan medis.

Bantuan video untuk membantu wasit membuat keputusan, akan segera diuji coba dalam pertandingan sepakbola. Sistem myplayXplay, disebut Reel, bisa digunakan untuk menganalisa pelanggaran yang berpotensi memicu perdebatan.

[Baca Juga: Teknologi Digital Segera Diberlakukan dalam Sepakbola]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya