Liga Europa

10 Fakta Menarik Jelang MU Vs Liverpool

Wasit Carlos Velasco saat pimpin laga Liverpool kontra MU.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Partai panas akan kembali tersaji di leg 2 babak 16 besar Liga Europa, Kamis 17 Maret 2016 (Jumat dini hari WIB). Dua raksasa Inggris, Manchester United dan Liverpool bakal menentukan nasib di Old Trafford.

The Reds lebih berpeluang lolos ke perempat final, berbekal kemenangan 2-0 di leg pertama. Mereka hanya perlu hasil imbang atau kekalahan tak lebih dari 2 gol.

Bahkan, andai kalah dengan skor 1-3 pun, Liverpool tetap lolos dengan keunggulan gol tandang.

Sedangkan, MU memiliki misi yang lebih berat untuk bisa lolos. Armada Louis van Gaal wajib menang dengan skor minimal 3-0.

Berikut 19 fakta menarik jelang MU vs Liverpool, seperti dilansir situs resmi UEFA:

1. Ini menjadi pertemuan kedua antara MU dan Liverpool di kompetisi Eropa. Pertemuan pertama terjadi di leg 1 babak 16 besar Liga Eropa musim ini.

2. MU dan Liverpool bertemu 166 kali di liga domestik (MU unggul 67-55 atas Liverpool). Sedangkan di cup competition, kedua tim bertemu 18 kali (MU unggul 11-7 atas Liverpool).

3. MU selalu menang dalam 4 partai terakhir melawan Liverpool di Premier League, usai kalah 0-3 di Old Trafford, Maret 2014.

4. MU 8 kali bertemu sesama wakil Inggris di kompetisi Eropa. Hasilnya adalah menang 5 kali, imbang sekali, kalah 2 kali (menang 3 kali, imbang 0 kali, kalah 0 kali di kandang - menang 2 kali, imbang 0, kalah 2 kali di partai tandang).

5. Sementara itu, Liverpool 17 kali bersua sesama wakil Inggris di Eropa. Hasilnya adalah menang 5 kali, imbang 7 kali, kalah 5 kali (menang 5 kali, imbang 3 kali, kalah sekali di Anfield - menang 0 kali, imbang 4, kalah 4 di partai tandang).



6. MU menang seluruh partai kandang saat bersua sesama tim Inggris di Eropa. Sebaliknya, Liverpool belum pernah menang di partai tandang saat bersua wakil Inggris di kompetisi Eropa.

7. MU tak terkalahan dalam 10 partai kandang terakhir di Eropa (menang 8, imbang 2).

8. MU punya pengalaman membalikkan keadaan usai kalah 0-2 di leg pertama di kompetisi Eropa. Yang terbaru, Setan Merah menghajar Barcelona 3-0 di Old Trafford di perempat final Piala Winners 1983/84, usai tumbang 0-2 di pertemuan pertama.

9. Liverpool menorehkan 4 clean sheet beruntun di Liga Europa musim ini. Jika kembali tak kebobolan, mereka akan menyamai rekor Napoli sebagai tim yang paling sering clean sheet di Liga Europa.

10. Liverpool, bersama Sparta Praha, Lazio, dan Shakhtar Donetsk merupakan tim yang belum merasakan kekalahan di Liga Europa musim ini.

Rekor Buruk Mourinho di MU

(ren)

Pemain Inter Milan saat tampil di Liga Europa

Icardi: Dunia Inter Milan Seperti Runtuh

Kapten Inter Milan itu menyoroti buruknya mental tim.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016