Alasan Jokowi Terlambat Hadiri Laga Pembukaan TSC

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, batal membuka ajang Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Mandala, Jayapura, Papua pada Jumat 29 April 2019. Jokowi baru tiba di stadion saat laga sudah memasuki babak kedua.

Preview Pertandingan Liga 1: Persikabo vs Persipura Jayapura

Karena ketidakhadiran Jokowi kemudian pidato pembuka sebelum laga Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta digantikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Dalam pidato pembukannya tersebut, Gatot menjelaskan alasan batalnya Jokowi membuka TSC. Cuaca buruk di Bima, Nusa Tenggara Barat tempat Presiden melakukan kegiatan kerja sebelumnya membuat penerbangan tak bisa dilakukan sesuai jadwal.

Persipura Jayapura Masih Berada di Zona Degradasi Usai Bungkam Borneo

"Presiden tidak bisa hadir saat ini karena cuaca buruk di Bima. Tetapi saat ini beliau sudah tiba di Bandara Sentani," kata Gatot dalam pidato pembukaan TSC di Stadion Mandala.

Lebih lanjut, Gatot mengatakan pemilihan Jayapura sebagai tuan rumah pembukaan TSC dikarenakan keinginan Presiden. Melihat iklim sepakbola di Tanah Papua membuat pria asal Solo itu tak ragu menjatuhkan pilihan.

Rintihan Striker Persipura Asal Ukraina, Negaranya Diserang Rusia

"Atas petunjuk Presiden dan karena beliau memiliki perhatian khusus kepada Papua, maka pertandingan pembukaan dilakukan di Jayapura," ucapnya.

Jokowi sendiri akhirnya baru tiba di Stadion Mandala di babak kedua, langsung duduk di tribun VVIP dan menonton sampai pertandingan usai. Persipura dan Persija sendiri harus puas bermain imbang 1-1 dalam laga pembukaan TSC tersebut.

Pertandingan Persipura vs PSM

Tanpa Gol di Laga Persipura Jayapura Vs PSM Makassar

Persipura Jayapura menghadapi PSM Makassar dalam pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana, pada Kamis 10 Maret 2022.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022