10 Fakta Menarik Usai Atletico Lolos ke Final Liga Champions

Selebrasi gol para pemain Atletico Madrid usai bobol gawang Bayern Munich
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Atletico Madrid memastikan melaju ke final Liga Champions usai menyingkirkan Bayern Munich. Ini menjadi final ketiga bagi Los Rojiblancos di kompetisi kasta pertama Eropa ini.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Dalam leg kedua yang berlangsung di Allianz Arena, Rabu 4 Mei 2016 dini hari WIB, Atletico kalah 1-2 dari Bayern. Gol kemenangan The Bavarians dicetak oleh Xabi Alonso dan Robert Lewandowski.

Sementara itu, gol dari Atletico tercipta oleh Antoine Griezmann. Walaupun kalah, Atletico tetap berhak melaju ke final dengan agregat 2-2 karena memiliki keunggulan satu gol tandang pada babak ini.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Atletico pun tinggal menunggu lawannya pada laga final 29 Mei di Milan nanti.  Partai semifinal lainnya masih menyisakan Real Madrid yang akan berhadapan dengan Manchester City di Santiago Bernabeu, dini hari nanti WIB.

Lolosnya Atletico ke partai puncak ini menghadirkan banyak fakta menarik yang layak untuk disimak. Berikut fakta-fakta menarik usai Atletico singkirkan Bayern, seperti dirangkum dari Opta dan Squawka:

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

1. Ini adalah final Liga Champions ketiga dalam sejarah Atletico Madrid. Sebelumnya, tim asal Spanyol ini merasakan final pada tahun 1974 dan 2014.

2. Atletico Madrid di bawah asuhan Diego Simeone berhasil melaju ke final Liga Champions sebanyak dua kali. Final pertama terjadi pada musim 2013-2014, namun mereka kalah dari Real Madrid di laga tersebut.

3. Kiper Atletico, Jan Oblak, terpilih jadi pemain terbaik di leg kedua semifinal Liga Champions ini. Dia menorehkan tujuh penyelamatan, salah satu di antaranya menepis tendangan penalti dari Thomas Mueller.

4. Oblak tercatat sukses menggagalkan dua dari tiga tendangan penalti terakhir lawan ke gawang Atletico.

5. Lolosnya Atletico ke final, kian membuat Spanyol mendominasi Liga Champions. Saat ini, masih ada Real Madrid yang berpeluang ke final. Wakil Spanyol di Liga Champions musim ini berhasil memenangi 12 laga di babak knockout.

6. Kegagalan Josep Guardiola di Liga Champions musim ini, membuatnya menjadi spesialis semifinal di Bayern. Di bawah asuhan Guardiola, Bayern selama tiga musim beruntun selalu kandas di babak semifinal Liga Champions.

7. Satu gol yang dicetak oleh Robert Lewandowski untuk Bayern di laga ini, membuat torehan golnya menjadi 9 di Liga Champions musim ini. Hanya Cristiano Ronaldo dari Real Madrid yang mampu mengalahkannya dengan 16 gol sejauh ini.

8. Gol sundulan Lewandowski ke gawang Atletico, menjadi gol keempat yang tercipta lewat kepala. Statistik itu jauh melebihi pemain lainnya yang mencetak gol lewat sundulan di Liga Champions musim ini.

9. Gagalnya Bayern mencetak tiga gol di laga ini, membuat Atletico sebagai tim dengan barisan pertahanan terbaik di Eropa. Catatan Squawka menunjukkan bahwa Atletico belum pernah kebobolan tiga gol pada satu pertandingan tandang mereka pada musim ini.

10. Antoine Griezmann menobatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak bagi Atletico Madrid di Liga Champions, yakni sembilan gol. Secara keseluruhan, Griezmann sudah mencetak 31 gol di semua kompetisi untuk Los Rojiblancos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya