Ambrizal Umanailo, Pemuda 19 Tahun Andalan Baru Persija

Pemain Persija Jakarta, Ambrizal Umanailo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrayadi TH

VIVA.co.id – Salah satu sosok yang mencuri perhatian dalam laga pertama Persija Jakarta di Torabika Soccer Championship (TSC) adalah Ambrizal Umanailo. Penyerang muda ini tampil menawan dengan skill individunya.

Lawan Persija Ditunda, Pelatih Persela Ubah Program Latihan

Meski menghadapi tim sekelas Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Ambrizal tampak tidak terbebani. Malah pemain 19 tahun ini bisa membuat lawan kerepotan dengan kecepatan dan liukannya.

Meski masih berusia muda, Ambrizal mengaku semakin percaya diri ketika diasuh oleh Paulo Camargo. Kepercayaan yang diberikan juru taktik asal Brasil itu diakuinya membawa dampak signifikan.

Tiga Pemain Persija Turun Kasta ke Tim U-21

"Pengalaman pertama buat saya dan debut juga, jadi alhamdulillah dikasih kesempatan. Dan alhamdulillah saya bisa main seperti yang pelatih suruh," kata Ambrizal kepada wartawan, Rabu 4 Mei 2016.

Dalam laga di Stadion Mandala itu, pemain asal Ternate tersebut tidak ragu melakukan penetrasi sekaligus berduel dengan pemain-pemain veteran macam Ricardo Salampessy dan Bio Paulin. Beberapa kali dia bahkan sampai sukses melepaskan tembakan ke gawang lawan.

PSM Makassar Pesta Gol ke Gawang PS TNI

Diakui Rizal, ada motivasi Camargo di balik kecemerlangannya tersebut. "Saya dituntut oleh pelatih untuk berani melakukan penetrasi di gawang lawan, dan saya coba untuk itu," ujarnya.

Seusai pertandingan, Rizal mendapatkan banyak pujian, termasuk dari Camargo. Namun, dia menegaskan tak ingin terlalu banyak mendengarkan pujian yang datang. Sebab, di usia muda saat ini, dia masih harus terus berjuang memperbaiki penampilan.

"Kalau pujian sudah biasa, karena setiap pertandingan selalu dikasih motivasi juga oleh pelatih. Kalau pujian, saya juga takut nanti malah jadi cepat puas dan besar kepala," tegas Ambrizal. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya