Adu Kekuatan Atletico dan Real Madrid Tiga Musim Terakhir

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Real Madrid memastikan tempat di final Liga Champions musim ini, setelah mengandaskan perlawanan Manchester City dengan skor 1-0, Kamis dini hari 5 Mei 2016 di Santiago Bernabeu. Los Blancos menyusul rival sekotanya, Atletico Madrid, yang sudah lebih dahulu lolos dengan menyingkirkan Bayern Munich.

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Derby Madrid di final Liga Champions, bakal mengulang momen dua tahun silam di Lisbon, Portugal. Atletico lebih dulu unggul, dengan gol menit 36 yang dibuat bek asal Argentina, Diego Godín. Real Madrid berbalik menang, setelah Sergio Ramos berhasil menyamakan kedudukan dalam masa injury time.

Tiga gol lagi dibuat Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo di babak tambahan, yang memberikan Real Madrid trofi Liga Champions kesepuluh dengan kemenangan 4-1. Final musim ini pun jadi peluang bagi Diego Simeone, membalas dendam dan memboyong trofi Liga Champions ke Vicente Calderon untuk pertama kali.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

Dikutip dari Sky Sports, kini tiga musim berturut-turut terjadi derby Madrid di Liga Champions. Di final 2013, perempatfinal 2015, dan kini terjadi lagi di final 2016. Menurut Opta, kemenangan Real Madrid atas Manchester City, juga membuat catatan lain.

Tiga dari empat final Liga Champions, terjadi di antara tim-tim dari negara yang sama. Sebelumnya adalah final antar Jerman pada 2013, mempertemukan Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Kemudian Spanyol pada 2014, antara Real Madrid vs Atletico Madrid.

Usai Gasak Tottenham, MU Incar Korban Lain

Duel Atletico Madrid vs Real Madrid sudah terjadi dua kali musim ini di La Liga. Kubu Diego Simeone terlihat positif, dengan imbang 1-1 pada 4 Oktober 2015, kemudian menang 1-0 di kandang Real Madrid pada 27 Februari 2016. Namun, merujuk pertemuan kedua tim tiga tahun terakhir, memperlihatkan dua situasi berbeda.

Atletico tak pernah kalah dari Real Madrid, dalam enam pertemuan di La Liga tiga musim terakhir. Empat kali menang dan dua kali imbang. Di musim 2013/2014, Atletico mengalahkan Real Madrid untuk meraih trofi Supercopa. Menang 2-0 dan 4-0 di La Liga, menang 2-0 dan imbang 2-2 di Copa del Rey, tapi kalah 1-4 di final Liga Champions.

Musim 2014/2015 Atletico menang 1-0 dan imbang 2-2 di La Liga, lalu kalah telak 0-3 dan 0-2 di Copa del Rey. Kemudian, tersingkir dari Liga Champions, dengan imbang 0-0 serta kalah 0-1 pada perempatfinal. Musim ini. Sejauh ini, Real Madrid tetap yang terkuat jika bertanding dalam turnamen Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya