8 Fakta Menarik Jelang Liverpool Vs Villarreal

Pemain Villarreal rayakan gol ke gawang Liverpool.
Sumber :
  • Reuters / Albert Gea

VIVA.co.id – Liverpool akan menjamu Villarreal di leg 2 semifinal Liga Europa, Kamis 5 Mei 2016 (Jumat dini hari WIB). Kedua tim bakal bertemu di Anfield.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Dalam pertemuan pertama di El Madrigal, The Yellow Submarine sukses menang tipis 1-0. Gol kemenangan tuan rumah dicetak Adrian Lopez di penghujung babak kedua.

Untuk bisa melenggang ke final, Liverpool perlu kemenangan dengan minimal selisih 2 gol. Sedangkan Villarreal cukup memaksakan hasil imbang.

Adu Taktik Liverpool vs Villarreal

Andai Villarreal kalah 2-3 atau 1-2, tim besutan Marcelino Garcia Toral ini akan tetap lolos karena unggul agresivitas gol tandang.

Berikut 8 fakta menarik jelang Villarreal vs Liverpool, seperti dilansir situs resmi UEFA:

Sentuhan 'King Unai' Bikin Liverpool Gemetar Hadapi Villarreal

1. Liverpool telah 33 kali bertemu wakil Spanyol di kompetisi Eropa. Rekor mereka adalah menang 13, imbang 10, kalah 10 (menang 4, imbang 6, kalah 5 di Anfield - menang 7, imbang 4, kalah 5 di Spanyol). Itu termasuk dua kemenangan di tempat netral: menang 1-0 atas Real Madrid di final European Cup 1981 dan menaklukkan Deportivo Alaves 5-4 di final UEFA Cup 2001, lewat babak tambahan waktu.

2. Villarreal 14 kali berhadapan dengan wakil Inggris di kompetisi Eropa. Rekor The Yellow Submarine adalah menang 4, imbang 6, kalah 4 (menang 3, imbang 4, kalah 1 di El Madrigal, menang 1, imbang 2, kalah 3 di Inggris).

3. Villarreal gagal meraih satu pun kemenangan dalam 10 pertemuan terakhir melawan tim Premier League, sebelum menekuk Liverpool 1-0 di leg 1 lalu.

4. Villarreal menjadi tim pertama yang menaklukkan Liverpool musim ini di Liga Europa. Sebelumnya, The Reds tak terkalahkan dalam 12 pertandingan, sejak babak penyisihan grup.

5. Villarreal kini tak terkalahkan dalam 12 pertandingan di Liga Europa, sejak kalah 1-2 dari Rapid Vienna di laga perdana penyisihan grup.

6. Liverpool sempat 3 kali juara Liga Europa (Piala UEFA) pada 1973, 1976, dan 2001. Musim lalu, langkah The Reds dihentikan Besiktas di babak 32 besar lewat adu penalti.

7. Villarreal belum pernah sekalipun menyabet gelar Liga Europa. Pencapaian terbaik mereka adalah semifinal pada 2003/04 dan 2010/11.

8. Manajer Liverpool, Juergen Klopp, telah 12 kali bertemu wakil Spanyol (bersama Mainz, Borussia Dortmund dan Liverpool). Rekornya adalah menang 4, imbang 3, kalah 5. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya