Ini Faktor yang Bikin Zidane Sukses di Real Madrid

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Kesuksesan Real Madrid dalam menembus partai puncak Liga Champions musim ini merupakan jadi catatan impresif bagi seorang Zinedine Zidane. Figur pelatih caretaker El Real pasca Rafael Benitez ini seolah menjelma bak dewa yang memberikan harapan gelar musim ini untuk Sergio Ramos cs.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Namun, hal yang cukup menarik dalam kegemilangan Los Blancos di kancah tertinggi Eropa kali ini adalah pesona dari seorang Zidane yang mampu mengangkat moril tim asuhannya itu. Figur yang dijuluki Zizou ini juga dianggap punya kharisma yang membuat segenap skuad Real Madrid menaruh respek besar kepada sang legenda Bernabeu tersebut.

Jelang duel final di San Siro, Minggu dini hari WIB 29 Mei 2016, Zidane mulai mendapat banyak pujian. Ini tak lain atas kepemimpinannya yang mampu mengatur keseimbangan tim sebesar Madrid bersama deretan bintang-bintangnya denganan tingkat ego serta kemampuannya masing-masing.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Hal tersebut itu pula yang diakui oleh para pemain Madrid, yang menyebutkan bahwa kelebihan Zidane terletak pada pesona dan karakternya yang penuh kharismatik.

"Dia legenda klub dan yang membuat Anda lebih termotivasi ketika Anda sedang dilatih olehnya," kata Sergio Ramos, kapten Real Madrid kepada Reuters.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Ungkapan positif lainnya juga datang dari megabintang El Real asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

"Kami selalu ada di belakang Zidane, karena dia adalah orang yang rendah hati yang suka mendengarkan, dan yang selalu membuat segalanya lebih mudah," jelas Ronaldo.

Zidane memang sering meremehkan atas torehan prestasinya. Namun, dia selalu menyoroti penampilan para pemainnya dan menganggap bahwa membangun hubungan baik dengan segenap tim akan lebih besar kepuasannya ketimbang hanya sekedar misi memenangkan piala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya