Pele Bakal Lelang Benda Bersejarah Miliknya

Legenda Timnas Brasil, Pele
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA.co.id - Legenda hidup sepakbola asal Brasil, Pele, siap melepas benda-benda bersejarahnya dalam sebuah lelang. Replika trofi Jules Rimet, bola, sampai sepatu bersejarahnya akan dilelang secara global pada bulan Juni.

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL Makin Panas

Barang bernilai historis tinggi koleksi Pele akan dilelang selama tiga hari, perusahaan lelang asal Beverly Hills, Julien's Auctions, dipercaya sebagai media untuk transaksi ini.

Tiga medali emas Piala Dunia dalam tiga edisi berbeda juga masuk list barang yang akan dilepas Pele, begitu pun dengan trofi Jules Rimet yang diraih Pele pada Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Neymar Berdarah-darah, Malah Diminta Jangan Lagi Pamer

Jules Rimet yang akan dilego ini adalah replika, karena trofi aslinya hilang dan hingga kini belum ditemukan. Namun, Jules Rimet tetap menjadi milik Brasil karena tiga kali beruntun menjuarai Piala Dunia.

Replika trofi Piala Dunia menjadi yang termahal dalam lelang tersebut dengan perkiraan harga sekitar £420.000 atau setara dengan Rp8,3 miliar. Sementara medali emas diperkirakan memiliki nilai kisaran £141.000, senilai Rp2,8 miliar.

'Virus FIFA' Bikin Klub-klub Dunia Pusing

Bola edisi gol ke-1000 Pele bisa Anda miliki. Bola buatan produsen ternama, Louis Vuitton ditaksir bernilai £42.000 atau Rp835 juta.

Menurut pengakuan Pele beberapa waktu lalu, Pele menjual memorabilia penting dalam hidupnya karena alasan untuk pengobatan. Selama setahun terakhir, dia dikabarkan harus menjalani operasi pinggul dan prostat.

"Ini keputusan sulit yang harus dibuat, tapi butuh banyak agar artefak-artefak ini dirawat dengan layak dan saya merasa bisa melakukan kebaikan dengan berbagi barang-barang ini kepada dunia, sekaligus membantu menyembuhkan penyakit saya," kata Pele, dikutip The Sun.

Pihak perusahaan lelang pun angkat suara soal rencana Pele ini, karena ada pihak yang mempertanyakan bahwa lelang barang-barang milik Pele itu untuk kesembuhan penyakitnya atau hanya untuk bisnis semata.

"Tentu banyak alasan. Tapi ini merupakan pertimbangan personal dan hanya dia (Pele) yang mengetahuinya. Menurutnya, banyak barang-barang penting yang tersimpan di rumahnya dan belum banyak dilihat dunia. Selain itu, ia juga tak yakin apakah akan meminta disimpan keluarganya dan dia tak ingin koleksinya itu tercecer entah kemana" tutur spesialis lelang olahraga di Julien's Auctions, Dan Nelles.

"Rumah sakit pediatrik di Brasil, Pequeno Principe, juga akan mendapatkan bagian dari lelang," ujarnya menambahkan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya