Rusuh di SUGBK, Persija Telan Pil Pahit

Laga Persija Jakarta vs Sriwijaya FC
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Sikap tak terpuji kembali ditunjukkan oleh suporter Persija Jakarta, Jakmania, saat menonton duel melawan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat malam, 24 Juni 2016. Mereka bertindak tidak tertib dengan menyalakan petasan dan flare dalam jumlah yang masif di dalam SUGBK.

Rans Cilegon Kubur Mimpi Sriwijaya Lolos ke Liga 1

Hal tersebut membuat beberapa pemain Persija dan Sriwijaya mengalami sesak napas. Tak cuma itu, mata mereka juga merasakan perih akibat flare dan petasan yang menyala di dalam stadion.

Wasit Djumadi Effendi pun terpaksa menghentikan pertandingan ini sebanyak tiga kali. Situasi semakin tak kondusif saat pertandingan memasuki menit 77.

Sempat Unggul Cepat, Persiba Dikalahkan Sriwijaya FC

Ratusan Jakmania merangsek masuk ke dalam lapangan lewat pintu VIP Timur serta tribun belakang gawang sektor tujuh hingga delapan. Polisi yang berjaga pun bertindak cepat dengan mengusir kawanan Jakmania yang masuk ke dalam lapangan.

Para pemain langsung diamankan. Mereka diarahkan untuk masuk ke dalam ruang ganti. Announcer menyatakan, pertandingan resmi dihentikan dan Sriwijaya berhak meraih tiga poin.

Pembagian Grup 8 Besar Liga 2 dan 4 Tim Terdegradasi ke Liga 3

Ya, saat laga dihentikan, Sriwijaya sedang unggul 1-0. Gol Sriwijaya lahir di menit 65 lewat sepakan bebas Hilton Moreira. Kiper Persija, Andritany Ardhiyasa, saat itu tak mampu menepis arah bola yang berbelok.

Sebenarnya, Macan Kemayoran punya kesempatan emas mencetak gol di menit 56 lewat titik putih. Sayang, Bambang Pamungkas gagal menunaikan tugasnya. Eksekusi Bepe berhasil digagalkan kiper Persija, Teja Paku Alam.

Sebagai catatan, Sriwijaya juga bermain dengan 10 orang di laga ini. Fachrudin Wahyu Arianto harus diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua di menit 55. Pelanggaran Fachrudin terhadap Ade Jantra menjadi penyebab penalti untuk Persija.

Jika benar, maka Sriwijaya naik ke posisi kedua klasemen sementara dengan koleksi 15 poin. Sedangkan, Persija tertahan di peringkat delapan klasemen sementara TSC.

Sampai sekarang, status pertandingan ini sebenarnya belum ditentukan. Namun, jika merunut pada regulasi, Sriwijaya FC layak diberi tiga poin karena laporan match commisioner menunjukkan pertandingan terhenti di menit 81.

Susunan Pemain
Persija Jakarta:
Andritany Ardhiyasa (GK); Andik Rendika Rama, Gunawan Dwi Cahyo, Maman Abdurrahman, Gunawan Dwi Cahyo, Ismed Sofyan; Amarzukih, Ade Jantra Lukmana; Novri Setiawan, Syahroni (Hong Soonhak 73'), Ambrizal Umanailo; Bambang Pamungkas.

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam (GK); Wildansyah (Zalnando 55'), Mauricio Maciel Leal, Fachrudin Wahyu Arianto, Supardi Nasir; Ahmad Jufriyanto (Ngurah Nanak 60'), Yuu Hyunkoo; Hilton Moreira, Ichsan Kurniawan, Yohanis Nabar; Alberto Goncalves.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya