Final Copa America Cantenario 2016

Adu Penalti Gagalkan Misi Balas Dendam Argentina atas Chile

Laga Final Copa America Centenario 2016, Argentina vs Chile
Sumber :
  • Twitter/CA2016

VIVA.co.id –  Argentina rupanya belum mampu membalaskan dendamnya atas Chile dalam laga final Copa America Centenario, Senin pagi WIB 27 Juni 2016 di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat. Pertandingan yang harus ditentukan dalam duel adu penalti, akhirnya mampu dimenangkan Chile dengan skor 4-2 atas Argentina.

Aksi Tak Terlupakan Timnas Indonesia saat Jajal 5 Tim Elite Dunia

Dari awal laga ini memang diprediksi akan berlangsung sengit mengingat sebuah misi balas dendam akan dilakoni tim Tango pada pertarungan tersebut. Chile pun harus bermain dengan 10 pemain usai pada menit 28, Marcelo Diaz mendapat kartu kuning kedua kala aksinya yang menjegal yang kembali menjegal Messi dianggap sebagai pelanggaran keras oleh wasit.

Pada menit 43, giliran Marcos Rojo yang harus mendapat kartu merah karena menganjal keras Arturo Vidal dari belakang. Sontak keputusan itu menuai aksi protes dari para pemain Argentina.

Timnas Argentina Batal Tampil di Indonesia

Memasuki babak II, permainan kedua tim masih berjalan ketat dan keras. Baik Argentina maupun Chile mencoba memaksimalkan lebar lapangan dengan seringnya melancarkan serangan dari sisi sayap.

Pada menit 70, tim Tango memasukan Sergio Aguero untuk menggantikan Angel di Maria. Hal ini tampaknya coba dilakoni Gerardo Martino untuk menambah daya dobrak lini depan Argentina.

Timnas Argentina Berpotensi Gelar FIFA Matchday di Indonesia, Lawan Skuad Garuda lagi?

Peluang Chile didapat pada menit 79, hasil pergerakan dan aksi menawan Vargas di sisi kiri pertahanan Argentina. Sayang, sepakan kerasnya masih bisa dihalau kiper Argentina, Sergio Romero.

Chile pun terus menggencarkan serangan mereka di akhir babak II. Sebuah penetrasi tajam yang dilakukan Jean Beausejour ke kotak penalti Argentina belum bisa dimaksimalkan Alexis Sanchez yang gagal menjangkau umpan tariknya. Permainan pun kini akan berlanjut ke babak extra time.

Memasuki babak extra time, Vargas mendapatkan peluang saat melakukan sundulan tepat di muka gawang Argentina, namun masih bisa ditangkap oleh kiper Sergio Romero di menit 98.

Menit 113, Messi dijatuhkan Francisco Silva di depan area kotak penalti Chile. Sayang, sepakannya masih membentur pagar betis dan hanya menghasilkan tendangan penjuru bagi Argentina. Sampai berakhirnya babak extra time, skor tanpa gol pun tetap tidak berubah dan memaksa kedua tim menjalani duel adu penalti.

Dalam momen mendebarkan ini, terdapat dua penendang Argentina yang gagal menyumbangkan angka, dan salah satunya adalah Lionel Messi. Chile pun berhasil memetik gelar Copa America Centenario 2016 dengan skor 4-2 dari adu penalti.

Berikut daftar penendang adu penalti Argentina kontra Chile (2-4):

1. Sepakan perdana Chile lewat Arturo Vidal gagal dan mampu ditahan oleh Romero
1. Messi sepakan kerasnya melambung diatas mistar gawang Claudio Bravo

2. Castillo sukses membawa angka pertama Chile
2.Mascherano juga mampu mengecoh Romero

3. Fuenzalida berhasil menyumbangkan angka untuk Chile
3. Aguero juga sukses menyamakan angka untuk Argentina

4.Beausejour menambah angka untuk Chile
4.Biglia harus gagal kala sepakan ditahan oleh Claudio Bravo

5.Francisci Silva menjadi penentu Chile dalam memenangkan drama adu penalti ini

Susunan pemain

Argentina: Sergio Romero, Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcus Rojo, Ramiro Funes Mori, Javier Mascherano, Lucas Biglia, Ever Banega (Erik Lamela 111'), Angel di Maria (Matias Kranevitter 57'), Lionel Messi, Gonzalo Higuain (Sergio Aguero 70’).

Chile: Claudio Bravo; Mauricio Isla, Gary Medel, Gonzalo Jara, Jean Beausejour; Arturo Vidal, Marcelo Diaz, Jose Fuenzalida (Edson Puch 80’), Charlez Aranguiz; Alexis Sanchez (Francisco Silva 103'), Eduardo Vargas (Nicolas Castillo 109')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya