Inggris Vs Islandia, Ini 3 Pemain Kunci Kedua Tim

Mantan manajer Inggris, Roy Hodgson
Sumber :
  • REUTERS/Lee Smith

VIVA.co.id – Di babak 16 besar Piala Eropa, Inggris akan meladeni perlawanan tim 'underdog' Islandia. Di atas kertas, skuat asuhan Roy Hodgson ini memang unggul jauh. Namun, bukan berarti Islandia akan membiarkan Inggris lolos ke babak berikutnya.

Kebangetan, Timo Werner Gagal Cetak Gol di Gawang yang Kosong

Islandia merupakan salah satu negara kejutan di Piala Eropa. Bagaimana tidak, negara berpenduduk 330 ribu jiwa ini baru melakoni debut di turnamen internasional. Tapi ingat, di fase grup, mereka belum pernah kalah.

Islandia bisa mencapai babak 16 besar berkat dua hasil imbang melawan Portugal (1-1) dan Hungaria (1-1) di fase grup. Satu kemenangan mereka diraih atas Austria dengan skor 2-1.

Timnas Jerman Pesta Gol ke Gawang Islandia

Itu membuktikan mereka juga memiliki potensi mengejutkan mata dunia. Siapa saja pemain yang layak diwaspadai Inggris?

1. Eidur Gudjohnsen

Timnas Jerman Bukannya Tanpa Kekurangan

Meski usianya kini sudah menginjak 37 tahun, mantan pemain Chelsea dan Barcelona ini tetap dipercaya tampil memimpin rekannya di Piala Eropa.

Dengan segudang pengalamannya, Gudjohnsen akan bisa membantu rekannya yang lebih muda untuk menghadapi tekanan di babak 16 besar. Selain teknis, faktor psikis skuat Islandia juga bisa ditangani Gudjohnsen.


2. Jon Dadi Bodvarsson

Bomber yang bermain untuk klub Jerman, Kaiserslautern, ini menjadi andalan sang pelatih di lini depan. Dari tiga pertandingan fase grup, dia selalu dimainkan. Ketika menghadapi Austria, Bodvarsson berhasil menyumbang satu gol.


3. Gylfi Sigurdsson

Nama terakhir amat sangat patut diwaspadai Inggris. Bermain untuk Swansea City, tentu membuatnya sudah mengenal gaya sepakbola Inggris. Dia menjadi salah satu pemain yang berkontribusi besar untuk Islandia selama kualifikasi Piala Eropa 2016. Di mana dia berhasil mencetak 6 gol dari 10 laga. Penampilan impresif juga ditunjukkan sang pemain di level klub. Dia mencetak 11 gol dari 36 laga di Premier League musim 2015/2016.

Ada pun 'senjata rahasia' yang dimiliki Islandia adalah Aron Gunnarsson, sebab pemain ini bisa menyuplai bola ke daerah vital melalui lemparan ke dalam. Punggawa Cardiff City ini memegang rekor lemparan ke dalam terjauh, dengan jarak 38,8 yard.

Sebaliknya, Inggris juga memiliki banyak pemain yang mumpuni untuk membombardir pertahanan Islandia.

Selanjutnya... Inggris


Banyak pemain berbahaya yang dimiliki Inggris, namun tiga yang paling berpotensi adalah:

1. Jamie Vardy

Mengemas 24 gol dari 36 pertandingan Premier League, menjadi sebuah gambaran bagaimana kapasitasnya sebagai ujung tombak. Di Piala Eropa, dia baru satu kali dipasang sebagai starter kala melawan Slovakia. Namun, saat memainkan laga perdananya sebagai pemain pengganti ketika melawan Wales, Vardy langsung mencatatkan namanya di papan skor.


2. Daniel Sturridge

Pemain Liverpool ini memiliki nasib sama dengan Vardy, yakni memulai laga tidak dari awal turnamen. Sturridge dipasang bersama Vardy di pertandingan terakhir melawan Slovakia. Meski di laga tersebut Inggris hanya mampu bermain imbang, namun tidak ada salahnya jika keduanya dipercaya kembali dimainkan sebagai pemain inti.

Berseragam Inggris sejak 2011, Sturridge kini sudah mengemas 35 caps (25 di antaranya dipasang sebagai starter) dengan sumbangan 10 gol.


3. Wayne Rooney

Meski posisi aslinya seorang striker, kini Rooney menjalankan tugas barunya sebagai gelandang. Hasilnya pun tak buruk, sang kapten bisa bermain lebih dewasa dengan bisa meredam egonya untuk tidak bermain individu. Dia juga bisa bersikap profesional sebagai penyuplai bola.

Padahal, dia bisa saja memaksakan diri sebagai striker demi meneruskan pundi-pundi golnya untuk menjadi pencetak skor sepanjang masa Inggris. Namun, dia mampu menjalani perannya sebagai pemain tengah dan seorang kapten. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya