Italia Melaju ke Perempatfinal Piala Eropa 2016

Pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2016 antara Italia vs Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Lee Smith

VIVA.co.id – Italia berhasil menang 2-0 atas Spanyol di babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Stade de France, Prancis pada Senin 27 Juni 2016. Dengan kemenangan ini, Gli Azzurri --julukan Italia— berhak melangkah ke babak perempatfinal.

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Gol pertama di pertandingan ini dicetak oleh Giorgio Chiellini. Bek asal Juventus tersebut berhasil menyambar bola liar di dalam kotak penalti setelah sebelumnya, kiper Spanyol, David de Gea menepis tendangan bebas Eder.

Italia yang sebelum pertandingan diprediksi akan menerapkan strategi bertahan justru lebih sering melancarkan serangan. Beberapa kali striker mereka, Graziano Pelle dan Eder mendapatkan peluang emas.

Cerita Takhayul Timnas Italia di EURO 2020 Dibongkar

Beruntung bagi La Furia Roja --julukan Spanyol— kiper mereka, David de Gea tampil baik. Dia masih mampu menghalau peluang berbahaya yang mengancam gawangnya.

Memulai babak kedua, Spanyol berupaya memberikan gol balasan. Di menit ke-68, Aritz Aduriz yang masuk menggantikan Nolito mendapatkan peluang emas. Sayang, sontekannya masih melenceng dari sasaran.

Mario Balotelli Kalem Tanggapi Pemanggilan Timnas Italia

Sejak menit ke-60, skuad asuhan Vicente del Bosque terus memberi tekanan kepada Italia. Akan tetapi, mereka kesulitan menembusnya karena pemain Gli Azzurri sangat disiplin dalam menjaga pertahanan.

Keasyikan menyerang, gawang Spanyol kembali dibobol oleh Italia pada menit ke-90. Pelle yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dengan tenang melepaskan tendangan keras sehingga memaksa de Gea memungut bola untuk kedua kali dari dalam gawangnya.

Skor 2-0 untuk keunggulan Italia bertahan hingga wasit Cuneyt Cakir meniupkan peluit tanda pertandingan usai. Di perempatfinal nanti, Gli Azzurri akan berhadapan dengan Jerman yang sebelumnya menang 3-0 atas Slovakia.

Susunan pemain

Italia: Gianluigi Buffon; Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci; Allesandro Florenzi (Matteo Darmian 84’), Daniele De Rossi (Thiago Motta 52’), Marco Parolo, Emanuele Giaccherini, Mattia De Siciglio; Graziano Pelle, Eder (Lorenzo Insigne 81’)

Spanyol: David de Gea; Sergio Ramos, Gerard Pique, Juanfran, Jordi Alba; Cesc Fabregas, Sergio Busquets, Andres Iniesta; Nolito (Aritz Aduriz 46’) (Pedro Rodriguez 81’) , Alvaro Morata (Lucas Vazquez 69’), David Silva

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya