Arti Unik Akhiran 'Son' dari Nama Pemain Islandia

Perayaan kemenangan Islandia atas Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Michael Dalder

VIVA.co.id – Kejutan berhasil diciptakan Islandia di Piala Eropa 2016. Tim yang ditangani oleh duet pelatih, Lars Lagerback dan Heimir Hallgrímsson sukses melaju ke babak perempatfinal.

Kebangetan, Timo Werner Gagal Cetak Gol di Gawang yang Kosong

Di 16 besar, Islandia sukses menyingkirkan salah satu favorit juara, Inggris, usai menang 2-1. Sukses yang terhitung luar biasa, karena Piala Eropa kali ini ada debut Islandia di turnamen besar, baik di Piala Dunia maupun Piala Eropa.

Banyak hal unik yang bisa digali dari Islandia. Salah satunya terkait mengenai nama pemain. Jika diperhatikan, hampir seluruh pemain Islandia punya akhiran son.

Timnas Jerman Pesta Gol ke Gawang Islandia

Dua pencetak gol ke gawang Inggris, Ragnar Sigurdsson dan Kolbeinn Sigthorsson punya nama berakhiran son. Masih ada lagi, Hannes Haldorsson, Gylfy Sigurdsson, Aron Gunnarsson, Johann Gudmundsson, Birkir Bjarnason, dan Kolbeinn Sigthórsson.

Satu-satunya pemain yang tak punya akhiran son adalah Eidur Gudjohnsen. Mantan pemain Barcelona dan Chelsea ini rupanya menyesuaikan namanya saat tinggal di luar negeri.

Timnas Jerman Bukannya Tanpa Kekurangan

Ternyata ada arti unik son dari nama orang Islandia. Menurut Wikipedia, son yang ada di akhiran nama orang Islandia berarti anak laki-laki dari.

Contoh mudahnya, ada pria bernama Jon Einarsson. Dia punya anak yang bernama Olafur. Maka, nama belakang Olafur menjadi Jonsson. Itu berarti Olafur anak dari Jon (Jons + nama anak laki-laki).

Kita bisa ambil contoh dari para pemain Islandia. Birkir Bjarnason berarti Birkir anak dari Bjarna. Atau Kolbeinn Sigthórsson berarti Kolbeinn anak dari Sigthor.

Untuk penamaan anak perempuan, sedikit berbeda. Ada penambahan kata dottir di belakang nama.

Contohnya, Jón Einarsson punya anak perempuan yang bernama Sigridur. Maka, nama belakang Sigridur adalah Jónsdóttir yang berarti anak perempuan dari Jon (Jóns + dóttir).

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya