5 Duel Jerman Vs Italia Terbaik Sepanjang Masa

Italia vs Jerman
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo

VIVA.co.id – Partai panas akan tersaji di perempat final Piala Eropa 2016. Dua favorit juara, Italia dan Jerman bakal bertemu di Nouveau Stade de Bordeaux, Sabtu 2 Juli 2016 (Minggu dini hari WIB).

Mancini Ungkap Alasan Panggil Kembali Balotelli ke Timnas Italia

Jerman dan Italia mampu tampil impresif di Piala Eropa 2016. Tentunya, pertemuan kedua tim ini menjadi laga yang paling dinantikan.

Total, Jerman dan Italia sukses mengoleksi 8 Piala Dunia dan 4 Piala Eropa. Ini bisa menggambarkan betapa dahsyatnya pertemuan dua tim raksasa Eropa ini.

Cerita Takhayul Timnas Italia di EURO 2020 Dibongkar

Berikut 5 partai terbaik Jerman vs Italia seperti dilansir Sportskeeda:

1. Italia 2-1 Jerman (Semifinal Piala Eropa 2012)
Pertandingan ini tentunya masih segar dalam ingatan pecinta sepakbola. Mario Balotelli tampil luar biasa dalam duel yang berlangsung di National Stadium, Warsawa, dengan menyumbangkan dua gol.

Mario Balotelli Kalem Tanggapi Pemanggilan Timnas Italia

Balotelli

Selebrasi Balotelli usai mencetak gol begitu khas dan tak bisa dilupakan. Dia membuka kaosnya, bertelanjang dada, dan memamerkan otot- ototnya.

Andrea Pirlo menunjukkan diri sebagai maestro di lini tengah, dengan memberikan umpan yang memanjakan kepada Balotelli. Gol Mesut Oezil sudah terlambat bagi Jerman.

Italia menjadi tim yang paling menghibur saat itu. Namun, di final Gli Azzurri dihancurkan Spanyol yang mengandalkan tiki-taka dengan skor telak 4-0.

2. Jerman 0-2 Italia (Semifinal Piala Dunia 2006)
Italia menghancurkan mimpi Jerman untuk menjuarai Piala Dunia di hadapan publik sendiri. Lewat duel yang dramatis, Gli Azzurri menekuk Jerman 2-0 lewat  babak tambahan waktu, di FIFA WM Stadion Dortmund.

Grosso

Tak ada gol tercipta sampai 90 menit waktu normal. Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Italia mencetak 2 gol jelang babak tambahan berakhir. Fabio Grosso mencetak gol di menit 119, disusul gol cantik Alessandro Del Piero di menit 120+1.

Italia akhirnya keluar sebagai juara. Mereka menaklukkan Prancis 5-3 lewat adu penalti di partai final.

3. Jerman 0-0 Italia (Penyisihan Grup Piala Eropa 1996)
Di pertandingan ini, Jerman berandil besar atas tersingkirnya Italia. Sebelum laga ini, Der Panzer sudah memastikan tiket ke perempatfinal. Sedangkan Italia wajib menang untuk bisa lolos.

Kopke and Zola

Jerman tampil mati-matian untuk bisa menyingkirkan Italia. Tendangan penalti pemain Italia, Gianfranco Zola di menit 9, mampu digagalkan kiper Jerman, Andreas Kopke.

Italia tetap tak mampu membobol gawang Jerman, meski Der Panzer harus bermain dengan 10 orang, usai Thomas Strunz diganjar kartu merah. Kopke tampil luar biasa dengan menggalkan seluruh peluang Gli Azurri.

Hasil imbang 0-0 memastikan Italia harus angkat koper. Sedangkan Jerman akhirnya keluar sebagai juara, usai mengalahkan Republik Ceko 2-1 di partai final.

4. Italia 3-1 Jerman Barat (Final Piala Dunia 1982)
Final Piala Dunia 1982 menyedot animo luar biasa dari penonton. 90 ribu fans hadir di Santiago Bernabeu, demi menyaksikan langsung duel dua tim raksasa ini.

Italy 1982 World Cup

Italia dipimpin oleh kiper legendaris, Dino Zoff. Mereka juga punya dua pemain hebat di lini belakang, yakni  Gaetano Scirea dan Claudio Gentile. Sementara itu, Jerman Barat dimotori Karl-Heinz Rumminegge dan Paul Breitner.

Setelah tanpa gol di babak pertama, dan diwarnai kegagalan penalti pemain Italia, Antonio Cabrini, Gli Azzurri mampu membuka skor di menit 57. Paolo Rossi membobol gawang Harald Schumacher dari jarak dekat, disusul gol tendangan jarak jauh legenda AC Milan, Marco Tardelli.

Alessandro Altobelli membuat Italia unggul 3-0 lewat tendangan mendatarnya. Gol Breitner di menit 83 sudah terlambat untuk Jerman. Italia menggondol gelar Piala Dunia ke-3, setelah menunggu selama 44 tahun.

5. Italia 4-3 Jerman Barat (Semifinal Piala Dunia 1970)
Ini bisa dikatakan sebagai bentrok paling seru antara Italia dan Jerman. Italia mampu unggul cepat di menit 8, lewat aksi legenda Inter Milan, Roberto Boninsegna. Namun, gol Karl-Heinz Schnellinger di menit 90, memaksa laga harus dilanjutkan dengan babak tambahan waktu.

Gerd Muller

Pertandingan semakin seru di babak tambahan waktu. Lima gol tercipta dan dua di antaranya dicetak oleh Gerd Mueller.

Mueller membawa Jerman berbalik unggul di menit 94. Namun, 4 menit kemudian Italia kembali menyamakan skor lewat Tarcisio Burgnich.

Italia kembali unggul lewat gol Luigi Riva di menit 104, disusul gol Mueller di menit 110 yang membuat kedudukan kembali sama kuat 3-3. Dan akhirnya, Gianni Rivera memastikan langkah Italia ke final berkat golnya di menit 111.

Namun, Italia gagal menjadi juara. Mereka harus mengakui keunggulan Brasil dengan skor 1-4 di partai final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya