4 Fakta Menarik Portugal Usai Sukses Melaju ke Semifinal

Timnas Portugal
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Portugal berhasil menapakkan langkahnya di babak semifinal Piala Eropa usai menang 5-3 lewat adu penalti atas Polandia di laga perempatfinal, Jumat dini hari WIB 1 Juli 2016. Hasil tersebut terasa sangat spesial bagi skuat Selecao das Quinas mengingat penampilan mereka yang sempat dikecam saat babak penyisihan grup lalu.

Lengkap! Daftar 24 Tim Peserta dan Hasil Drawing EURO 2024

(Baca juga: Singkirkan Polandia Lewat Adu Penalti, Portugal ke Semifinal)

Namun, keraguan para penggemar Portugal itu seolah kini seolah luntur dengan pencapaian tim asuhan Fernando Santos ini hingga ke fase empat besar. Pertarungan di Stade Vélodrome, Marseille itu juga menjadi bukti bahwa Portugal akan menjelma sebagai tim yang harus diperhitungkan di semifinal nanti.

Timnas Georgia Bikin Sejarah, Ini 3 Tim Terakhir Lolos ke EURO 2024

Sejumlah catatan penting pun berhasil terangkum pada laga bergengsi tersebut, terlebih Portugal sempat tertinggal lebih dahulu dari Polandia.

Sebaliknya, Polandia sebenarnya tak tampil buruk di laga tersebut dengan mampu menahan segala gempuran Cristiano Ronaldo cs hingga berakhirnya extra time kedua.

Perebutkan 3 Tiket Sisa, Berikut Hasil Drawing Playoff EURO 2024

Berikut sejumlah fakta menarik dari laga Portugal vs Polandia di perempatfinal Piala Eropa 2016 yang dirangkum oleh Opta Joe:

1. Portugal sukses mencapai babak semifinal Piala Eropa 2016 tanpa memenangkan setiap pertandingan mereka di waktu normal.

2. Portugal menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke semifinal, usai mengalahkan Polandia yang merupakan tim pertama yang memastikan lolos ke perempat final Piala Eropa 2016.

3. Portugal telah lima kali mencapai babak semifinal dalam tujuh partisipasi terakhir mereka di Piala Eropa.

4. Portugal telah memenangkan dua dari tiga kali duel adu penalti mereka di turnamen besar, yakni menang dua kali melawan Inggris dan sekali kalah dari Spanyol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya