Timnas Argentina Terancam Dicoret dari Olimpiade 2016

Bintang timnas Argentina, Lionel Messi
Sumber :
  • Winslow Townson-USA TODAY Sports

VIVA.co.id – Ketua Komite Olimpiade Argentina (COA), Gerardo Werthein, mengancam akan mencoret cabang olahraga sepakbola dari kontingen menuju Olimpiade 2016 Rio de Janeiro setelah Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) dilanda krisis.

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Hanya beberapa hari sebelum penyerahan terakhir 18 nama pemain menuju Olimpiade, AFA masih belum bisa memenuhi kuota tersebut. Bintang seperti Paulo Dybala, Ramiro Funes Mori, dan Matias Kranevitter tak diizinkan oleh klub pemiliknya.

COA semakin khawatir setelah presiden AFA, Luis Segura, mundur dari posisinya usai kegagalan di Copa America Centenario. Masalah pun semakin sulit diselesaikan.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

"Apa yang terjadi di tim nasional tergantung apa yang terjadi di AFA, yang sedang dilanda kisruh, ditinggalkan, tanpa ada yang bisa memperbaiki," ujar Werthein pada Radio Mitre.

Ditanya soal peluang Argentina tampil di Brasil nanti, Werthein mengatakan saat ini peluangnya "50-50".

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

"Peluang mundur lebih besar kalau kami meninggalkannya pada AFA, tapi setelah kami intervensi masalah tersebut peluangnya menurun," lanjutnya. OCA mencari solusi dengan meminta timnas diisi oleh pemain liga lokal saja.

Pelatih Argentina, Gerardo Martino, juga jadi sasaran kritik oleh Werthein karena dinilai terlalu pasif dalam mencari pemain. "Karena mencari pemain dengan waktu kurang dari 30 hari sangat sulit," imbuh Werthein.

Argentina sebelumnya pernah merebut medali emas Olimpiade pada 2004 dan 2008 sebelum gagal lolos di Olimpiade 2012 London lalu. Kali ini, Albiceleste akan menghadapi Portugal, Aljazair, dan Honduras pada Grup D dengan laga pertama 4 Agustus 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya