Seleksi Timnas U-19, Kondisi Vo2 Max Pemain Bagus

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Eduard Tjong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww/16.

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-19 mulai melakukan seleksi untuk mengikuti turnamen Piala AFF U-19 di Vietnam, September mendatang. Seleksi yang diikuti oleh 38 pemain dimulai sejak Senin, 25 Juli 2016.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Timnas U-19 ini hanya memiliki waktu 1,5 bulan saja untuk persiapan. Pelatih Timnas U-19, Eduard Tjong dan staf pelatih siap bekerja keras untuk mempersiapkan tim.

Namun, Edu terkejut dengan Vo2 Max para pemain yang rata-rata di atas 50. Dia tidak menyangka ternyata para pemain muda ini tetap menjaga kondisi fisiknya. Selain itu memang ada beberapa pemain yang sudah bermain di klub secara reguler.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

"Saya kira kondisi fisik mereka hanya 20. Namun ternyata lebih dari 50, bahkan ada satu pemain yang mencapai 60," kata Edu saat ditemui di National Youth Training Center (NYTC), Selasa 26 Juli 2016.

Pemain yang mencapai Vo2Max 60 adalah Muhammad Alwi Slamat. Ia berasal dari Semen Padang.

Alasan Haru Jay Idzes Rela Lepas Kesempatan Bermain dengan Timnas Belanda Demi Garuda

Menurut Edu, dengan kondisi fisik pemainnya yang bagus tersebut membuat keuntungan bagi tim, di tengah persiapan yang mepet.

"Persiapan kami tidak lama, 1,5 bulan. Dengan kondisi fisik anak-anak yang bagus, maka sebuah keuntungan sehingga saya tidak perlu memulai latihan dari awal," ujarnya menambahkan.

Dari 38 pemain yang dipanggil ada beberapa pemain yang pernah menjadi anak asuh Indra Sjafri, yaitu, Awan Seto, Dimas Drajad. Kemudian juga ada beberapa nama yang pernah diasuh oleh Fachri Husaeni.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya