TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'

Jual murah, beli mahal.
Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'
Pemain Chelsea, Cesc Fabregas

VIVA.co.id - Pemain asal Prancis, Paul Pogba, telah resmi kembali ke klub lamanya, Manchester United, usai empat tahun berkarier bersama klub Serie A, Juventus. Konfirmasi dari MU disampaikan ke khalayak pada Selasa pagi, waktu Indonesia.

Pogba kembali ke Old Trafford dengan harga yang tidak murah. Bahkan, MU harus memecahkan rekor pembelian permain termahal dunia, untuk membawanya pulang.

Nilai trasfer sebesar £90 juta serta gaji £290 ribu, harus dibayarkan manajemen MU untuk mendapatkan kembali tandatangan Pogba. Tentu itu harga yang mahal untuk seorang pemain yang 'dibuang' secara gratis pada 2012.

Tapi, 'pemulangan' pemain dengan harus membayar mahal, bukan pertama kali dilakukan MU. Sudah ada beberapa klub yang lebih dulu melakukan hal tersebut. Siapa saja? berikut tiga di antaranya, dikutip Marca.

1. Nicolas Anelka

Anelka dikenal sebagai 'football traveller' atau pemain yang telah melanglang buana untuk mencari pengalaman. Selama berkarier, sudah 13 klub dibelanya.

Apa yang terjadi pada Anelka di tahun 1997, mirip dengan apa yang dirasakan Pogba saat ini. Kala membela Paris Saint Germain, dia dilepas ke Arsenal dengan harga €700 ribu.

Dua tahun membela The Gunners (julukan Arsenal), pemain kelahiran Le Chesnay ini menunjukkan performa apik dengan mengemas 23 gol dari 65 laga. Klub raksasa Spanyol, Real Madrid pun membelinya dari Arsenal di tahun 1999.

Saat Anelka telah berstatus sebagai pemain Los Blancos dan memenangkan trofi Liga Champions, PSG ingin membawanya kembali ke Parc de Prince. Namun, PSG saat itu harus membayar 50 kali lipat dari harga saat melepasnya ke Arsenal.

2. Mats Hummels

'Buy-back' kepada Mats Hummels terjadi di bursa transfer musim panas ini. Dia menyebrang ke klub rivalnya, dari Borussia Dortmund menuju Bayern Munich dengan nilai transfer €35 juta.

Tapi, meski pun nama Hummels meroket saat berseragam Dortmund, sebenarnya dia sudah lebih dulu berkarier bersama Bayern sejak level yunior, tepatnya sejak tahun 1995.

Dia menembus skuat utama Die Rotten (julukan Bayern Munich) pada tahun 2007, dan menjalani masa peminjaman ke Dortmund di tahun 2008, sebelum dipermanenkan pada tahun 2009. Kala melepas Hummels, Bayern hanya membanderolnya €4,2 juta.

3. Cesc Fabregas


Arsene Wenger melihat bakat yang dimiliki Fabregas saat dia masih mengenyam pendidikan di akademi Barcelona, La Masia. Wenger membawanya ke London hanya dengan mengeluarkan dana sebesar €3,2 juta di tahun 2003.

Delapan tahun berseragam Arsenal, Fabregas menjelma sebagai pemain penting dengan torehan 35 gol dari 212 laga yang dimainkan. Barcelona pun berniat memulangkannya ke Cam Nou.

Namun, kubu El Barca harus mengucurkan dana sebesar €34 juta untuk mengeluarkannya dari Emirates Stadium. Namun uang tersebut tak membuat Barcelona merugi karena mereka menjualnya lagi ke Chelsea pada 2014 seharga €33 juta.

Nama terakhir adalah pemain asal Belgia, Romelu Lukaku. Meski masih sekedar rumor, namun jika Chelsea mau membawa Lukaku kembali ke Stamford Bridge, mereka harus mengeluarkan dana sebesar €80 juta.

Padalah, semasa berstatus sebagai pemain Chelsea, Lukaku kerap menjadi 'korban' untuk dipinjamkan ke klub lain, yakni West Bromwich Albion dan Everton. Namun Everton memermanenkannya pada tahun 2014 dengan harga €35 juta.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP