Nilai Transfer EPL Awal Musim 2016/2017 Tembus Rp17 Triliun

Gelandang Manchester United, Paul Pogba
Sumber :
  • Reuters / Jason Cairnduff

VIVA.co.id – Tak disanksikan lagi jika kompetisi English Premier League (EPL) jadi ajang kompetisi paling megah di dunia. Deretan pemain top dunia jadi daya tarik utama kompetisi kasta tertinggi di Inggris. Sejumlah klub bahkan harus menggelontorkan dana ratusan juta Poundsterling untuk belanja pemain dalam bursa transfer awal musim.

Bikin Quattrick Lawan Everton, Cole Palmer Sejajar Erling Haaland dalam Daftar Top Skor

Sejumlah transfer mahal terjadi dalam bursa transfer awal musim di Liga Inggris. Beberapa klub elite semisal Manchester United (MU), Manchester City, Arsenal, Chelsea, dan Liverpool, menghabiskan dana besar untuk mendatangkan pemain top dunia di awal musim ini.

Dilansir BBC, jumlah nilai transfer Liga Inggris dalam jendela transfer awal musim mencapai £1 miliar, atau setara dengan Rp17,4 triliun. Jumlah ini meningkat signifikan dari musim lalu (bursa transfer awal musim) yang mencapai £870 juta (Rp15,1 triliun).

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Dengan demikian, jumlah nilai transfer awal musim EPL mengalami peningkatan sebesar £130 juta, senilai dengan Rp2,2 triliun.

Menurut data Transfermarkt, Manchester City merupakan klub yang paling boros dalam hal belanja pemain di jendela transfer awal musim. Manajemen The Sky Blues menggelontorkan dana mencapai £181,05 juta (Rp3,1 triliun).

Hasil Lengkap: Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Liverpool dan Arsenal Tumbang

Di bawah City, duduk sang rival sekota, Manchester United. Meski memecahkan rekor transfer pemain termahal usai memboyong Paul Pogba dari Juventus, jumlah belanja MU tak sebanyak City. Pogba didatangkan MU dari Juventus dengan dana sebesar £59 juta (Rp1,02 triliun). Total, MU menghabiskan dana belanja awal musim mencapai £157,25 juta (Rp2,7 triliun).

Di posisi 3 ada Arsenal yang memiliki jumlah nilai transfer mencapai £96,05 juta (Rp1,6 triliun). Di posisi 4 dan 5, masing-masing berdiri Liverpool dan Chelsea. Liverpool menghabiskan dana transfer mencapai £67,9 juta, berselisih tipis dengan Chelsea dengan niali £67,8 juta.

Sementara itu, klub promosi, Burnley, jadi klub paling irit dalam hal transfer pemain. Dalam bursa awal musim, klub besutan Sean Dyche ini hanya mengeluarkan dana sebesar £10,97 juta (Rp191 miliar). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya