Oktober, Timnas Tantang Vietnam di Yogyakarta

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl memimpin latihan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya/foc/16.

VIVA.co.id – Selama pemusatan latihan (TC) tahap 4 di Solo, Timnas Indonesia tidak akan melakukan uji coba. Beruntung, ada kabar gembira bagi skuat Alfred Riedl yang mendapatkan kepastian untuk melakukan uji coba internasional di Stadiun Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta dengan konsep laga kandang dan tandang di bulan Oktober 2016 mendatang.

Timnas U23 Dicurangi Wasit, Fitri Carlina Sangat Kecewa dan Ungkapkan Kekesalannya

"Sekjen PSSI mengamini akan ada uji coba internasional di Yogya, namun siapa lawannya belum pasti. Rencana sebelumnya dengan Myanmar, tapi ini sudah berubah dengan Vietnam," tutur Sekretaris Umum (Sekum) Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY, Dwi Irianto, Minggu 25 September 2016.

Mbah Putih,  sapaan akrab Dwi Irianto, mengaku belum berani melangkah lebih jauh termasuk memasukkan permohonan izin pertandingan ke pihak kepolisian, selama belum ada keputusan resmi dari PSSI soal lokasi partai persahabatan internasional itu.

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

"Kami masih menunggu surat resmi dari PSSI terkait jika memang Yogyakarta menjadi lokasi uji coba Timnas," jelasnya.

Mbah Putih berharap agar para pecinta sepak bola di Kota Gudeg berbondong-bondong ke stadion seandainya Timnas benar-benar berlatih tanding di Yogja. Ada kekhawatiran dari PSSI yang jarang menunjuk Yogja sebagai kandang Timnas, karena minimnya jumlah penonton yang datang ke stadion.

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

"Untuk menarik animo penonton, yang jelas harus punya persiapan matang dan gencar pemberitaan di media. Harus diakui penonton Yogya itu kalau tim tidak bagus pasti tidak mau menonton, karena merasa punya kebanggaan bahwa punya klub juga bagus. Tidak berarti tidak nasionalis kalau tidak menonton," jelas Mbah Putih.

Terpisah, Sekjen PSSI Azwar Karim menyebut laga persahabatan kontra Vietnam bakal dilakukan 9 Oktober, di mana Indonesia menjadi tuan rumah terlebih dahulu.

Setelah itu, Tim Garuda giliran bertanding di Vietnam 9 November mendatang. Itu setelah kedua federasi, PSSI dan VFF bersepakat melakukan uji coba  format kandang dan tandang. Pertandingan persahabatan itu merupakan bagian dari persiapan timnas kedua tim ke Piala AFF 2016.

Sebelumnya Timnas beruji coba kontra Malaysia, dan sukses menang tiga gol tanpa balas di Stadion Manahan Solo. Penunjukan Sleman sebagai venue timnas karena ingin mencari penonton untuk memberikan dukungannya.

"Tidak hanya Solo saja tapi akan mencoba kota-kota lainnya di Indonesia. Tapi intinya kami tidak takut meskipun hanya sedikit yang menonton," ungkap Azwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya